DPRD Jabar Pastikan Revitalisasi Situ Rawa Kalong Berlanjut

DPRD Jabar Pastikan Revitalisasi Situ Rawa Kalong Berlanjut
istimewa



INILAH, Bandung – Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Buky Wibawa Karya Guna memastikan, revitalisasi Situ Rawa Kalong di Cimanggis, Depok tetap berlanjut lantaran banyak dampak positif yang bakal didapat masyarakat sekitar.

Dia melanjutkan, selain menjadi wahana rekreasi dan interaksi bagi warga setempat, keberadaan situ yang baik dan terawat juga dapat meminimalisir bencana banjir kala musim hujan terjadi di wilayah tersebut. Buky berharap, semua pihak dapat sama-sama menjaga agar Situ Rawa Kalong tetap bersih dan terawat, usai revitalisasi usai.

“Banyak fungsinya, selain wisata. Tapi juga berfungsi untuk ikut mengatasi banjir. Pengendalian air. Kita berharap, Situ ini dapat dijaga kebersihannya. Tidak membuang sampah sembarangan dan juga terutama pada perusahaan yang ada di sekeliling, supaya tidak membuang limbah disitu,” ujar Buky, Kamis (14/1/2021).


Anggota Komisi IV Hasbullah Rahmad menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah menganggarkan sekitar Rp 28 miliar pada 2021 sekarang, untuk pembangunan tampak darat dan fasilitas publik di Situ Rawa Kalong. Setelah itu, akan berlanjut dengan pembebasan lahan di sekitar lokasi untuk dijadikan tempat parkir, guna tidak mengganggu bahu jalan yang dapat menimbulkan kemacetan pada wilayah tersebut.

"Kita anggarkan penataan tampak darat dan fasilitas publik seperti MCK itu juga dianggarkan tahun ini. Kedepan kita harus alokasikan anggaran untuk pembebasan lahan agar parkir tidak memakai bahu jalan,” terangnya usai kunjungan. (Yuliantono)