DPRD Jabar Harap Pemprov Tetap Salurkan Bansos

DPRD Jabar Harap Pemprov Tetap Salurkan Bansos
net



INILAH, Bandung – Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Yunandar Rukhiadi Eka Perwira berharap Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Bantuan Sosial Provinsi dapat terus belanjut, di 2021 ini. Mengingat bansos tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19.

Sejauh ini kata dia, belum ada gelagat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) terkait program bansos tersebut. Kendati ada sokongan lain dari pemerintah pusat dalam program serupa, bagi masyarakat Jawa Barat selama empat bulan kedepan. Hanya saja menurutnya bukan berarti pemerintah daerah berpangku tangan, hanya dengan berharap bantuan pusat. Sebab menurutnya, belum tentu program dari pusat tersebut menjangkau semua masyarakat yang butuh bantuan.

“Sampai hari ini Pemprov belum menunjukkan, bansos pada 2021 ini berapa kali dan berapa besarannya. Menurut saya, bansos dari Pemprov ini harus tetap ada untuk mengurangi beban masyarakat dan menggerakkan perekonomian,” ujar Yunandar kepada INILAH, Selasa (12/1/2021).


Dia berharap program bansos ini tetap menjadi salah satu prioritas Pemprov di 2021, dalam rangka memulihkan perekonomian. Serta menunda terlebih dahulu agenda lain, yang tidak berkaitan langsung dengan pandemi dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Kalau kita lihat dari APBD, sangat memungkinkan untuk berlanjut. Tinggal bagaimana skala prioritas dari pemerintah saja. Mungkin beberapa program seperti infrastruktur, pariwisata bisa di rem dulu. Tidak harus sekarang. Supaya lebih fokus dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi,” tutupnya. (Yuliantono)