DPRD Jabar Dorong Dishub Ambil Posisi Strategis di Tengah Pandemi

DPRD Jabar Dorong Dishub Ambil Posisi Strategis di Tengah Pandemi
Istimewa



INILAH, Bandung – Selaku garda terdepan dalam mengatur dan mengawasi mobilitas masyarakat, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip berharap Dinas Perhubungan (Dishub) memiliki posisi strategis dalam gugus tugas penanganan pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, penyebaran penularan Covid-19 sangat bergantung dengan pergerakan masyarakat. Sehingga pemerintah perlu melibatkan Dishub secara aktif, dengan memberikan keleluasaan kebijakan dalam membatasi guna mencegah penyebaran agar tidak semakin luas.

“Dishub memiliki kewenangan dengan migrasi manusia dan lalu lintas yang hubungannya erat dengan pergerakan penyebaran Covid-19. Kita akan memberi dukungan dan memperjuangkan kewenangan, yang seharusnya ditangani oleh sektor perhubungan. Kita harap ada titik terang dalam memecahkannya,” ujar Tetep usai kunjungan kerja di Dishub Wilayah II, Kabupaten Bandung, Senin (11/1/2021).


Selain itu, pihaknya juga akan mendorong dengan adanya perbaikan anggaran bagi Dishub agar dapat bekerja lebih maksimal. Mengingat pada 2020 lalu, turut terkena refocussing anggaran akibat pandemi. Dia berharap Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) perlu memberikan perhatian khusus kepada Dishub, mengingat mereka memiliki tugas yang cukup berat dalam menjaga agar tidak meluasnya penyebaran Covid-19.

“Saya kira TAPD perlu memberikan perhatian khusus pada Dishub,” ucapnya. (Yuliantono)