DPRD Jabar Harap BST Tepat Sasaran

DPRD Jabar Harap BST Tepat Sasaran
istimewa



INILAH, Bandung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Siti Muntamah berharap bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp300 ribu dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat (KPM) tepat sasaran.

Guna memastikan penyaluran bantuan bagi keluarga terdampak pandemi Covid-19 berjalan lancar, Siti meninjau langsung di Kantor Pos Kota Cimahi dan Pusat Pembekalan Angkutan TNI Angkatan Darat (Pusbekangad), Selasa (12/1/2021) yang menjadi titik pendistribusian bansos. Mengingat pembagian BST di Kota Cimahi mencapai 15.000 lebih kepala keluarga (KK).

“Saya memantau di dua titik ini, pertama Pusbekangad dan Kantor Pos Cimahi. Di Pusbekangad nanti akan dibagi kepada 5.000 kepala keluarga. Waktu pembagiannya diberi jeda empat hari untuk masing-masing kelurahan, yaitu Kelurahan Cibereum dan Leuwigajah. Kami berharap, BST ini bisa tepat sasaran dan diterima kepada mereka yang benar membutuhkan bantuan. Sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka di tengah pandemi,” ujar Siti di sela-sela kunjungan.


Melihat tingginya animo masyarakat dalam penyaluran BST, yang menyebabkan timbulnya kerumunan. Diakui Siti sedikit membuatnya khawatir, karena dapat menjadi klaster baru dalam penyebaran pandemi. Dia pun mendorong masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, agar tidak muncul masalah baru.

“Saya melihat masyarakat sangat antusias, sehingga kerumunan tetap ada. Walaupun pendistribusian BST sudah kondusif dan teratur.  Semoga ini tidak menjadi klaster baru. Saya harap masyarakat dan petugas tetap melakukan protokol kesehatan,” harapnya.

BST ini sendiri akan diberikan selama empat bulan, dari Januari hingga April mendatang. Total, ada 2.188.274 kepala keluarga yang menerima bantuan tersebut di Jawa Barat. Sedangkan Program Keluarga Harapan (PKH) 1.718.362 kepala keluarga dan Kartu Sembako untuk 3.315.180 kepala keluarga. (Yuliantono)