Tanpa Liga, Luiz Tak Berhenti Ciptakan Kiper Andal

Tanpa Liga, Luiz Tak Berhenti Ciptakan Kiper Andal
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Pelatih kiper Persib, Luizinho Passos ungkapkan kebahagiaannya bisa berkarier di Indonesia. Alhasil, empat tahun sudah dia lalui. 

Pelatih asal Brasil mengaku sangat mencintai Indonesia meski saat ini tidak ada pertandingan yang dihadapi seiring ditundanya kompetisi akibat pandemi Covid-19. 

"Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung saya. Hampir empat tahun di sini dan saya sangat cinta Indonesia, khususnya Bandung," ungkap Luiz saat dihubungi, Rabu (6/1/2021). 


Mantan pelatih kiper Borneo FC ini mengaku selalu termotivasi untuk menciptakan kiper andal. Apalagi kiper tersebut menjadi pilihan utama bagi negaranya masing-masing. 

"Saya selalu termotivasi membuat setiap kiper menjadi kiper yang terbaik di negaranya. Pertama saya datang ke sini, ada M Ridho (saat di Borneo) dan Nadeo. Sebelumnya orang-orang belum tahu siapa mereka. Saya lihat ada motivasi, disiplin dan kemampuan hebat dari mereka," tuturnya. 

Ini juga, lanjutnya akan terus dilakukan di Persib Bandung. Terlebih tim berjulukan Maung Bandung itu dihuni para kiper berkualitas seperti I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Dhika Bayangkara dan satu kiper muda M Aqil Savik yang dipercaya membela Bandung United. 

"Saat datang ke sini saya merasa bahagia karena fans di sini memberikan apresiasi luar biasa. Persib juga memiliki kiper level atas seperti Made, Teja, Dhika dan satu kiper bertalenta luar biasa, Aqil," katanya.

Luiz semakin bahagia, lantaran satu kiper andalannya yakni M Aqil Savik mendapatkan panggilan untuk bergabung menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia sebagai persiapan menghadapi SEA Games 2021. 

"Saya senang karena Aqil kembali lagi ke timnas," ungkapnya.

Karena itu, Luiz memastikan akan terus bekerja keras menciptakan kiper berkualitas sekalipun saat ini tidak ada pertandingan yang dihadapi akibat Covid-19.

"Meskipun situasi seperti ini, saya tetap pada prinsip untuk tetap mencetak kiper-kiper andal di Indonesia," tegas Luiz. (Muhammad Ginanjar)