Dedie Jadi Penerima Vaksin Pertama di Kota Bogor, Ini Persiapannya

Dedie Jadi Penerima Vaksin Pertama di Kota Bogor, Ini Persiapannya
istimewa



INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto membeberkan untuk vaksin di Kota Bogor akan dilakukan pada 14 Januari 2021 mendatang dan daftarnya sudah ada ditetapkan dengan jumlah sekitar 10 persen dari target penerima atau usia produktif.

"Insya allah akan kick off di Kota Bogor pada 14 Januari 2021, kami sudah tetapkan daftar penerimanya siapa saja, nanti kami akan sosialisasikan, mungkin 10 persen dari target penerima atau usia produktif," ungkap Bima usai rapat di Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (6/1/2021).

Bima mengatakan, kepala daerah diminta untuk yang pertama namun penyintas Covid-19 dikeluarkan dari daftar.


"Jadi, di Kota Bogor yang akan pertama disuntik vaksin adalah Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan dirinya siap untuk menjadi orang pertama di Kota Bogor yang disuntik vaksin.

"Insyaallah bila memang diarahkan sesuai instruksi Mendagri. Kemungkinan akan disuntik di Puskesmas Tanah Sareal," ungkap Dedie. 

Dia mengaku, untuk menerima vaksin ada beberapa persiapan yang dilakukan dirinya.

"Persiapannya antara lain menjaga kebugaran dan kesehatan," tegasnya.

Dedie menambahkan, pada prinsipnya Pemkot Bogor siap. Beberapa waktu lalu sudah mengajukan 170 ribu orang di tahap pertama yang bisa mendapatkan vaksin. 

"Kami belum mengetahui awalnya Indonesia akan mengimpor berapa puluh juta, kami mengajukan 170 ribu tapi sekarang baru diimpor 3 juta dan jumlah ini akan di bagi ke-34 provinsi. Nah untuk jumlah prioritas utama akan di berikan kepada tenaga kesehatan (nakes) karena Kota Bogor hanya mendapatkan 10 persen dari pengajuan," tutur Dedie.

Dedie menjelaskan, saat ini masih dibahas siapa yan menjadi prioritas mendapatakn vaksin, karena nakes di Kota Bogor terhitung sebanyak lebih dari 2.000 ribu orang. Puskesmas yang akan melakukan vaksin di Kota Bogor di seluruh puskesmas total ada 25 puskesmas. (Rizki Mauludi)