Kades Mekarmukti Kaget Ada Deklarasi Tentara Alloh

Kades Mekarmukti Kaget Ada Deklarasi Tentara Alloh
istimewa



INILAH, Ngamprah - Pemerintah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku kaget dengan adanya deklarasi jemaah Jundullah atau Tentara Alloh di Masjid Sawah Alloh, Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, KBB. 

 "Kami pihak desa tentu kaget dengan kejadian deklarasi yang dilakukan Pak Erwan Sa'ad atas nama pimpinan jemaah itu karena memang tidak ada laporan sebelumnya," kata Kades Mekarmukti Andriawan Burhanudin saat dihubungi, Selasa (5/1/2021). 

Selain itu, pihaknya sudah beberapa kali mencoba menghubungi Erwan Sa'ad. Namun hingga kini masih belum bisa. Begitu juga saat ditanyakan kepada rekan terdekatnya, keberadaan Erwan masih belum diketahui. Adriawan pun mengaku ini merupakan pertama kalinya di wilayahnya ada deklarasi seperti ini. 


Dari informasi yang diterimanya, deklarasi yang dipimpin Erwan Sa'ad ini dilakukan secara spontan. Dia mengumpulkan para jemaah setelah salat Jumat dan langsung melakukan deklarasi. Kendati begitu, pihaknya akan bersilaturahmi demgan warga dan jemaah yang ikut deklarasi tersebut. 

"Jadi jemaah Ustad Erwan ini sebetulnya tidak tahu kalau akan ada deklarasi, karena saat kejadian itu kan setelah salat Jumat, jemaah disuruh diam di masjid lalu deklarasi. Intinya deklarasi itu spontan, mungkin memang Pak Erwan sendiri yang merencanakan. Tapi kami sudah komunikasi dengan jemaah, dan akan membina mereka biar tidak terjerumus ke hal yang merugikan," ujarnya. 

Walaupun, lanjutnya, sejauh ini warganya yang terlibat deklarasi tersebut tidak memiliki masalah sosial dan ideologi, apalagi soal keamanan.

Seperti diketahui, viral di media sosial rekaman video yang menunjukkan adanya sekelompok orang mendeklarasikan jemaah Jundullah atau Tentara Allah di sebuah masjid pada Jumat (1/1/2021) lalu. (ahmad sayuti)