Ini Pelajaran Paling Berharga 2020 bagi Pelatih Persib

Ini Pelajaran Paling Berharga 2020 bagi Pelatih Persib



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan tanggapannya mengenai tahun baru. Menurutnya banyak pelajaran yang didapat, terutama di tahun 2020. 

Meski di tahun tersebut kompetisi bertajuk Liga 1 2020 terhenti akibat pandemi Covid-19, ucapan terima kasih sangat perlu dilakukan. Terutama untuk planet bumi. 

"Kita harus berpikir tentang 2020 adalah tidak ada yang gratis, tidak ada yang diberikan cuma-cuma, kita harus saling menghargai ketika tinggal di planet ini," kata Robert saat dihubungi. 


Pelatih asal Belanda ini mengatakan bahwa bumi merupakan tuan rumah. Karena itu, perlu disyukuri lantaran diberikan tempat untuk menjalani kehidupan. 

"Kami semua ini hanya penumpang di planet ini, bumi adalah tuan rumahnya dan kami hanya tamu di planet ini," tuturnya. 

Karena itu, lanjutnya, di tahun 2021 ini seluruh umat manusia harus menyadari pentingnya menjaga bumi. Dengan mengesampingkan politik dan ego agama. 

"Kita harus hidup dengan rasa syukur dan tetap sehat serta fit. Dan ketika kita hidup sehat, maka planet ini juga akan ikut sehat. Dan ulah umat manusia tentu akan membuat planet ini tidak sehat," katanya.

Ketika planet bumi tidak sehat, kata Robert maka kelangsungan hidup manusia juga akan terganggu. Seperti yang terjadi saat ini, yakni pandemi Covid-19. 

"Jadi saya rasa itu pelajaran besar dari tahun 2020, semua harus menjaga planet ini, planet ini adalah tuan rumah dan kita hanya menumpang hidup di sini dalam waktu yang singkat. Kehidupan berjalan dengan sangat cepat, jadi mari apresiasi dan memberikan penghormatan dari planet ini yang sudah memberi kesempatan untuk hidup di sini dan hidup dalam persaudaraan," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)