Proyek Pembangunan Kios dan Pagar Rest Area Puncak Molor

Proyek Pembangunan Kios dan Pagar Rest Area Puncak Molor
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cisarua - Bupati Bogor Ade Yasin meninjau proyek pembangunan 448 unit kios, pagar dan monumen di Rest Area Puncak di Desa Tugu Selatan, Cisarua.

Dikarenakan sejauh ini progresnya berada di kisaran 80-90 persen, dua proyek senilai Rp16,3 miliar dan Rp1 miliar ini diluncurkan ke awal 2021 mendatang.

"Karena kendala cuaca dan lahan yang belum siap, proyek pembangunan 448 unit kios, pagar dan monumen di Rest Area Puncak di Desa Tugu Selatan akhirnya kita luncurkan atau berikan addendum waktu tambahan hingga 50 hari," ucap Ade kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).


Dia menerangkan, karena keterlambatan pekerjaan maka kedua penyedia jasa yaitu PT Japayasaprima Kontruksindo dan PT Bangun Bhumyagara Parama akan diberikan sanksi denda.

"Sesuai aturan maka kontraktor atau penyedia jasanya akan kami berikan sanksi denda, nilainya 1/1.000 dari total nilai proyek," terangnya.

Sementara itu, Project Manager Area PT Japayasaprima Kontruksindo Ari Radityo optimistis pihaknya akan menuntaskan pembangunan 448 kios atau 89 bangunan hasil review detail engineering design (DED) sebelumnya yang 116 bangunan atau 516 kios.

"Di sisa akhir tahun ini atau di awal Bulan Januari 2021 mendatang, kami akan menuntaskan pembangunan kios di Rest Area Puncak. Saat ini progres pekerjaan  kami hampir 90 persen," ucap Ari.

Sedangkan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor Nuradi menjelaskan proyek pembangunan kios, pagar dan monumen sudah berjalan optimal.

"Dengan kendala lahan yang belum siap ketika kedua proyek ini diketuk, maka dengan progres yang sudah mencapai 80 persen  hingga 90 persen, saya merasa ini sudah optimal dan akan bisa dituntaskan para kontraktor pada awal tahun depan," jelas Nuradi. (Reza Zurifwan)