Ade Yasin Paparkan Capaian Program "Bogor Berkeadaban"

Ade Yasin Paparkan Capaian Program "Bogor Berkeadaban"
Bupati Bogor, Ade Yasin. (antara)



INILAH, Bogor - Bupati Bogor, Ade Yasin memaparkan sejumlah capaian program "Bogor Berkeadaban" yang merupakan salah satu dari bagian program utamanya yang bernama Pancakarsa.

“Semua Program itu sebagai bentuk komitmen saya terhadap para alim ulama dengan mewujudkan Pancakarsa, khususnya Karsa Bogor Berkeadaban,” ungkapnya di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Menurutnya, program berkaitan dengan keumatan yang telah dijalankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yaitu bantuan hibah senilai Rp12,5 miliar untuk 228 sarana keagamaan seperti pondok pesantren, masjid, mushola, majelis dan pura.


Kemudian, pemberian hibah senilai Rp4,8 miliar untuk 1.698 amil dan 323 penyuluh agama Islam honorer yang disalurkan melalui Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga memberikan insentif Rp132 miliar untuk 10.891 guru honorer, Rp11 miliar untuk 4.582 guru madrasah, Rp6,8 miliar untuk 2.850 guru SD dan SMP, serta Rp16,2 miliar untuk seragam sekolah 108.000 siswa SD.

"Dinas Pendidikan menjalin kerja sama dengan Kemenag dalam peningkatan layanan akademik bagi santri di Pondok Pesantren Salafi, di mana saat ini sudah ada 19 Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) yang menjalin kerja sama dengan 39 ponpes di Kabupaten Bogor, dan besar kemungkinan di tahun depan jumlahnya akan terus bertambah," papar Ketua DPW PPP Jawa Barat itu.

Ade Yasin juga mengaku telah menyiapkan anggaran Rp14,9 miliar dan bantuan laptop di tahun 2021 sebagai insentif 6.232 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman pendidikan Al Quran (TPQ).

"Di program beasiswa ada untuk para hafidz Quran, ke depan kita ingin membangun Islamic center dan masjid raya yang rencananya akan berlokasi di Pakansari Cibinong," tutur Ade Yasin.

Terbaru, ia mengukuhkan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecamatan se-Kabupaten Bogor dan mewisuda peserta Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke-14.

Seperti diketahui, program utama Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ade Yasin-Iwan Setiawan bernama Pancakarsa terdiri dari Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju, dan Karsa Berkeadaban. (antara)