Ternyata Ini Penyebab Ade Yasin Ngamuk ke Anak Buahnya

Ternyata Ini Penyebab Ade Yasin Ngamuk ke Anak Buahnya
Bupati Bogor Ade Yasin. (Reza Zurifwan)



INILAH, Bogor- Bupati Bogor Ade Yasin memarahi anak buahnya saat digelarnya rapat pengawasan daerah bersama Inspektorat, hal itu karena masih belum rapihnya kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Masih ada SKPD maupun OPD yang masih melakukan kesalahan yang sama seperti tidak membayar pajak, kelebihan bayar, kurang patuhnya terhadap aturan dan tidak lengkapnya surat pertanggungjawaban (SPJ) hingga Bupati Ade Yasin tadi sempat marah-marah karena ada pola kinerja negatif yang tidak diubah oleh anak buahnya," ucap Kepala Inspektorat Kabupaten Bogor Azhahir kepada wartawan, Selasa, (22/12).

Agar kesalahan di atas tidak terulang, maka jajaran Inspektorat akan banyak melakukan pelatihan sumber daya manusia (SDM) dan inspeksi mendadak (Sidak) ke SKP, OPD maupun pemerintah desa.


"Kami akan melakukan banyak pelatihan kepada aparatur SKPD, OPD dan pemerintah desa, khusus untuk pemerintah desa karena akan ada program satu milyar satu desa (Sami Sade) atau lainnya dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) maka Inspektorat akan memperbanyak sidak dan meningkatkan pelaksanaan audit pekerjaan dan pelaporan penggunaan anggaran," sambung mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) ini. 

Ditemui terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin mengaku sudah memberi catatan kepada SKPD dan OPD yang kinerjanya belum maksimal hingga mereka tidak lengah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

"Saya sudah melaksanakan evaluasi dan memberikan catatan agar diperbaiki oleh SKPD atau OPD, selaku kepala daerah kami meminta mereka tidak lengah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kinerja," ungkap Ade.

Terkait pekerjaan SKPD maupun OPD yang menjadi temuan, politisi PPP ini menjelaskan bahwa ia menyerahkan sepenuhnya kepada Inspektorat untuk ditindaklanjuti dengan melakukan teguran.

"Temuan pekerjaan SKPD maupun OPD yang kurang baik akan ditegur oleh Inspektorat, saya serahkan sepenuhnya kepada mereka untuk ditindak lanjuti hingga tidak terulang lagi kesalahan serupa di tahun-tahun mendatang," jelasnya. (Reza Zurifwan)