Dilarang Gelar Perayaan Akhir Tahun, Wagub Uu: Kawasan Wisata Jangan Kucing-kucingan

Dilarang Gelar Perayaan Akhir Tahun, Wagub Uu: Kawasan Wisata Jangan Kucing-kucingan
net



INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta para pengelola kawasan wisata patuh terhadap aturan larangan menggelar acara pada Natal dan malam pergantian tahun. Pihaknya akan memantau jika ada kegiatan yang menyedot animo massa. 

Uu menyampaikan, bersama pihak aparat akan mengadakan pengetesan dan inspeksi pada saat mengadakan kegiatan tahun baru. Dia mengaku tidak ingin terkecoh oleh pengelola kawasan yang sembunyi-sembunyi menyelenggarakan acara.

"Bagi mereka yang suka kucing-kucingan dengan aparat maka kita sudah paham dan sudah profesional," ujar Uu, Senin (21/12/2020).


Dia mengaku sudah sering mendapatkan kawasan yang secara sembunyi menciptakan kerumunan. Padahal hal tersebut dilarang selama adaptasi kebiasaan baru (AKB). 

Uu memastikan, untuk kawasan yang melanggar aturan tidak akan luput dari pantauan pihaknya. 

"Biasanya tempat parkir gelap, tidak ada mobil tapi di tempat kegiatan penuh dan lainnya, kami tidak akan terkecoh kembali. TNI sudah mengendus kebiasaan itu dan Polri juga sudah biasa, jadi tidak akan lolos dari pantauan inspeksi di saat ada tahun baru dan natal ini," paparnya. 

Diketahui, kendati sudah ada larangan agar tidak ada perayaan di akhir tahun, namun wisatawan diprediksi tetap akan bepergian. Karena itu, Uu kembali mengingatkan agar wisatawan yang ingin datang ke Jawa Barat agar melakukan rapid antigen Covid-19. Ini untuk meminimalisir penyebaran virus corona ketika berwisata.

"Bagi wisatawan yang datang ke Jabar itu diimbau untuk mengadakan rapid test antigen," katanya. 

Uu berharap angka kasus Covid-19, khususnya di Jawa Barat dapat mereda. Menurut dia, masyarakat harus turut berperan aktif dalam mengikuti arahan pemerintah baik pusat maupun daerah setempat. Terutama menjelang libur panjang akhir tahun ini.

Uu menegaskan bahwa Pemprov Jabar sudah melarang adanya perayaan pergantian tahun 2020 ke 2021 di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung. 

"Pemerintah akan dengan tegas menindak mereka yang melanggar. Kalau perlu (acara) dibubarkan dan juga bagi tempat hiburan yang melaksanakan kegiatan hiburan maka pemerintah akan tegas mencabut izin dan menutup sesuai dengan aturan yang ada," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)