Keliling TPS, Forkopimda Pastikan Pilkades Menerapkan Prokes Covid-19

Keliling TPS, Forkopimda Pastikan Pilkades Menerapkan Prokes Covid-19
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kabupaten Bogor secara bersama-sama meninjau langsung sejumlah tempat pemilihan suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Bogor.

Seperti diketahui, Kabupaten Bogor saat ini sedang menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 88 desa. Peninjauan ini penting untuk memastikan dilaksanakannya protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 karena pesta demokrasi ini diselenggarakan ditengah Pandemi Covid-19 yang sampai hari ini belum kunjung mereda angka penyebarannya.

Peninjuaan ke TPS 62, Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri ini dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, Kapolres Bogor,  AKBP Roland Ronaldy, Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Inf Syukur Hermanto beserta jajaran.


"Pada prinsipnya satu, secara garis besar kita sedang melaksanakan pesta demokrasi Kabupaten Bogor, memilih pemimpin untuk wilayah di Kabupaten Bogor," kata Rudy kepada wartawan, Minggu (20/12/2020).

Politisi Partai Gerindra ini berharap agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan ama, dan lancar terlebih saat ini di tengah pandemi Covid-19. Kepada para calon kepala desa (Cakades) ia meminta untuk memberikan contoh yang baik dalam pesta demokrasi kali ini.

"Tentunya hari ini tidak ada yang menang, tidak ada yang kalah, yang dipilih orang-orang terbaik dari calon-calon yang baik, orang-orang yang hebat dari calon yang hebat, kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bogor tetap jaga kondusifitas," harapnya.

Kedepan, lanjut Rudy siapapun yang memimpin wilayah atau desa memiliku tujuan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bogor.

Ditempat yang sama, Kapolres Bogor Roland Ronaldy menuturkan kepolisian dibantu TNI menempatkan 1.500 personil untuk memastikan keamanan dan penerapan prokes berjalan baik.

"Alhamdulillah sampai saat ini semua perhelatan Pilkades di Bumi Tegar Beriman mematuhi Prokes Covid-19, kemudian peserta dari pemilih juga menerapkan hal yang sama," tutur Roland.

Mantan Kapolres Cirebon ini menjelaskan bahwa  pada pelaksanaan Pilkades tahun ini sama dengan pelaksanaan Pilkades pada umumnya, hanya saja penerapan Pilkades saat ini ditambah dengan penerapan Prokes.

"Diharapkan tidak ada massa berkumpul, setelah pemilihan bisa kembali ke rumah masing-masing. Serahkan hasilnya kepada para panitia dan saksi karena pada masa rekapitulasi atau perhitungan suara pemilih jumlah yang hadir sangat dibatasi," jelasnya. (Reza Zurifwan)