Usai Pencoblosan, Ade Yasin Tekankan Keamanan Saat Rekapitulasi Suara Pilkades

Usai Pencoblosan, Ade Yasin Tekankan Keamanan Saat Rekapitulasi Suara Pilkades
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Usai meninjau pelaksanaan ajang pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Bupati Bogor Ade Yasin menekankan pentingnya terjaganya keamanan pascapencoblosan.

"Setelah masa kampanye, masa tenang dan masa pencoblosan, selanjutnya panitia Pilkades beserta aparatur kecamatan, TNI dan kepolisian harus bisa menjaga keamanan saat rekapitulasi atau perhitungan suara pemilih," kata Ade Yasin kepada wartawan, Minggu (20/12/2020).

Dia mengimbau agar masyarakat tidak berkerumun saat rekapitulasi atau perhitungan suara pemilih dilakukan.


"Sudah ada aturannya sesuai protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, maka satu calon kades hanya boleh menghadirkan satu orang saksi hingga di ruangan tidak banyak orang yang berkerumun hingga mempersempit resiko penyebaran wabah Covid-19," sambungnya.

Ade menuturkan hasil peninjauannya ke sejumlah TPS, jam atau waktu pencoblosan pemilih sudah dilakukan oleh para panitia Pilkades hingga ajang Pilkades tidak melanggar Proked Covid-19.

"Alhamdulillah masyarakat sudah paham akan pentingnya Prokes Covid-19, selain menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan cairan hand sanitizer, ternyata selain dicek suhunya mereka juga sudah diatur jam pencoblosannya oleh panitia," tutur Ade. (Reza Zurifwan)