Formula 1, Perez Resmi Gantikan Albon di Red Bull Tahun Depan

Formula 1, Perez Resmi Gantikan Albon di Red Bull Tahun Depan
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Pebalap Meksiko Sergio Perez akan menggantikan Alexander Albon di tim Red Bull tahun depan, demikian tim Formula 1 itu pada Jumat.

Perez (30), yang menjuarai Grand Prix Sakhir di Bahrain bersama Racing Point bulan ini, akan menjadi tandem Max Verstappen sedangkan Albon bakal menjalani tugas sebagai pebalap cadangan dan tes di Red Bull.

"Alex adalah anggota yang berharga bagi tim ini dan kami telah berpikir lama dan keras tentang keputusan ini. Setelah menggunakan waktu kami untuk mengevaluasi semua data dan performa yang relevan kami memutuskan bahwa Sergio adalah pebalap yang tepat untuk menjadi tandem Max pada 2021," kata bos tim Red Bull Christian Horner seperti dikutip laman resmi Red Bull.


Perez kehilangan bangkunya di Racing Point setelah juara dunia empat kali Sebastian Vettel dipinang oleh tim yang bakal berganti nama menjadi Aston Martin itu tahun depan.

Dia sudah berancang-ancang bakal cuti musim depan jika tidak mendapatkan bangku membalap di Formula 1.

Perez, yang finis peringkat empat klasemen konstruktor di belakang Verstappen, sempat melewatkan dua balapan karena terinfeksi Covid-19.

Dia menjadi pebalap pertama dari luar program pengembangan Red Bull yang akan membalap untuk tim berlogo banteng merah itu setelah Mark Webber, yang pensiun di akhir musim 2013.

Perez menjadi satu-satunya pebalap asal Amerika Latin di Formula 1 dan pebalap pertama dari Meksiko yang memenangi Grand Prix dalam 50 tahun terakhir.

"Saya sangat bersyukur kepada Red Bull karena memberi saya kesempatan untuk membalap bersama Red Bull Racing pada 2021," kata Perez.

"Kesempatan untuk membalap di tim penantang kejuaraan ini adalah sesuatu yang telah saya harapkan sejak saya bergabung dengan Formula 1 dan memasuki grid menggunakan warna Red Bull di samping Max akan menjadi momen membanggakan.

"Kalian bisa yakin bahwa saya akan fokus sepenuhnya musim depan. Tim ini memiliki mentalitas menang yang sama seperti yang saya miliki dan saya tahu saya di sini untuk tampil dan membantu tim memperebutkan titel kembali."

Sementara itu Red Bull mengakhiri musim 2020 sebagai runner-up setelah Mercedes.

Juara dari Grand Prix pemungkas di Abu Dhabi, Verstappen berharap bisa menantang titel untuk tahun depan, demikian Reuters. (antara)