Luhut: Hindari Penambahan Pasien Covid di Libur Akhir Tahun

Luhut: Hindari Penambahan Pasien Covid di Libur Akhir Tahun
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (antara)



INILAH, Medan - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta semua pihak menekan penambahan jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 dalam masa libur akhir tahun.

"Sudah ada terlihat tren peningkatan jumlah masyarakat yang akan berwisata di akhir tahun. Kondisi itu harus dijaga agar jangan menambah jumlah warga yang terpapar Covid-19," katanya di Kaldera Toba, Sumut, Jumat.

Dia mengatakan itu usai acara Indonesia-China Tourism and Investment Forum for 5 Key Super Priority Tourism Destination.


Tren peningkatan liburan, katanya, terlihat di penerbangan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, dan khususnya menuju Bali.

Dia mengakui potensi wisatawan nusantara masih besar dan mendukung kepariwisataan nasional, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang membuat kunjungan wisatawan mancanegara anjlok.

"Tapi semua harus menahan diri untuk kepentingan bangsa. Pandemi Covid-19 mengganggu semua aspek, termasuk perekonomian yang mengurangi kesejahteraan masyarakat, " katanya.

Semua masyarakat, ujar Luhut, diminta menjalankan protokol. kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Itu semua untuk. kepentingan sendiri, sekitar dan bangsa Indonesia, " katanya.

Luhut menegaskan vaksin Covid-19 untuk kebutuhan mendesak tinggal menunggu persetujuan dari pihak terkait.

"Vaksinnya sudah datang, tinggal menunggu penggunaannya yang diharapkan sudah bisa dilakukan akhir tahun. Yang pasti semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya. (antara)