Dua Tahun Kepemimpinan, Nilai Kinerja Ade Yasin-Iwan Setiawan Hanya 30

Dua Tahun Kepemimpinan, Nilai Kinerja Ade Yasin-Iwan Setiawan Hanya 30
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menilai kinerja eksekutif di masa kepemimpinan Ade Yasin-Iwan Setiawan tidak memuaskan. Dalam rentang nilai 1-100, politisi Partai Gerindra itu memberikan angka 30.

"Visi misi Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan luar biasa bagus, namun karena tingkat sinergitas antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya tidak baik dan lain sebagainya, maka saya memberi nilai 30 dari kemungkinan nilai maksimal 100," kata Rudy dalam diskusi media dalam memotret kinerja 2 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2018-2023 yang diadakan Lembaga Studi Visi Nusantara bekerjasama dengan DEEP Bogor Raya, Kamis (17/12/2020).

Pria yang hobby berkuda ini menerangkan baik itu visi Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Membangun, Bogor Maju dan Bogor Berkeadaban belum menyentuh indikator-indikator yang terbilang memuaskan.


"Untuk Bogor Sehat tidak ada pembangunan rumah sakit baru, Bogor Cerdas masih ada perlakuan beda antara siswa yang mampu dengan yang tidak mampu, Bogor Membangun tidak ada jalan baru yang dibangun karena yang ada perawatan jalan. Oleh karena alasan diatas dan lainnya maka kami menekankan untuk di Tahun 2021 mendatang ada program kerja yang bersinergi antara SKPD hingga bisa benar-benar membawa kemajuan untuk Kabupaten Bogor," terangnya.

Rudy menuturkan, sampai saat ini potensi di Bumi Tegar Beriman seperti pertanian, perkebunan, perikanan  peternakan dan lainnya belum tergarap dengan baik oleh jajaran SKPD.

"Kami siap mendorong dan mensupport program kerja Bupati-Wakil Bupati Bogor dengan cara mengkoreksinya agar semua potensi di Bumi Tegar Beriman tereksplor dengan baik. Semoga kedepan kita tak lagi mengimport produk-produk pertanian dan  lainnya karena semuanya itu bisa kita kembangkan di Bumi Tegar Beriman," tutur Rudy.

Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra berpendapat kinerja eksekutif di masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan terbilang memuaskan.

"Visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan sudah banyak yang tercapai indikatornya dan hanya sedikit yang belum tercapai, kalau boleh saya memberikan nilai itu di angka 90," ucap Suryanto.

Dia melanjutkan, walaupun sudah banyak yang tercapai atau terealisasi, jajarannya tetap akan melakukan evaluasi.

"Evaluasi dari legislatif seperti program kerja yang bersinergi antara SKPD itu akan kami laksanakan, minimal di 10 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 mendatang," lanjutnya. (Reza Zurifwan)