Leeds United Kalahkan Newcastle 5-2

Leeds United Kalahkan Newcastle 5-2
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Leeds United mencatat kemenangan kandang pertamanya di Liga Premier dalam tiga bulan terakhir ketika mencetak tiga gol pada menit-menit terakhir guna mengalahkan Newcastle United 5-2 dalam kontes sengit, Kamis dini hari.

Kedua tim bertarung sengit di Elland Road sebelum Leeds melesakkan tiga gol dari Stuart Dallas, Ezgjan Alioski dan Jack Harrison guna mengamankan tiga poin untuk tim asuhan Marcelo Bielsa itu.

Jeff Hendrick membawa tim tamu unggul lebih dulu sebelum Patrick Bamford menanduk bola dari jarak dekat untuk menyamakan kedudukan.


Giliran Rodrigo menyundul bola untuk membawa tuan rumah berbalik unggul tetap satu jam pertandingan tetapi pertahanan Leeds yang lemah membuat Ciaran Clark menyamakan kedudukan untuk Newcastle tiga menit kemudian.

Setelah itu Leeds menunjukkan diri mengapa mereka tim yang menarik untuk ditonton ketika mereka memberondong tim asuhan Steve Bruce dengan tiga gol sejak menit ke-77.

Dua tim papan atas nan tersohor itu kembali bertarung seru sejak terakhir kali bersua 17 tahun silam, meskipun tidak ada satu pun penonton di Elland Road untuk menyaksikan laga menarik ini. Untuk pertama kalinya Leeds mencetak lima gol dalam pertandingan kandang Liga Premier sejak Mei 2001.

Leeds di bawah kepelatihan Bielsa menampilkan aksi menawan di mulut gawang yang memaksa kiper tamu Karl Darlow melakukan beberapa penyelamatan pada awal laga.

Namun justru Newcastle yang mencetak gol pertama pada menit ke-26 ketika Callum Wilson memberikan umpan silang untuk disambut tendangan voli Hendrick yang tidak memberi peluang kiper Leeds Illan Meslier.

Keunggulan itu cuma bertahan sembilan menit. Setelah Rodrigo nyaris menyamakan kedudukan di antaranya satu peluang yang membentur mistar gawang, Bamford menyamakan kedudukan untuk Leeds dari upaya jarak dekat.

Leeds balik memimpin pada menit ke-61 berkat sentuhan mumpuni Harrison yang menjemput bola dari udara sebelum melancarkan tendangan voli dari umpan silang yang disambut oleh sundulan Rodrigo.

Tiga menit kemudian Newcastle membalas ketika Clark menyambut tendangan sudut Ryan Fraser untuk menjebloskan bola ke gawang Leeds.

Leeds menuntaskan finis menawan ketika Dallas memasukkan bola setelah memanfaatkan umpan silang Mateusz Klich yang memantul.

Newcastle menekan balik namun Leeds menunjukkan betapa mereka mematikan lewat serangan balik saat Alioski menciptakan gol cemerlang setelah bermitra dengan pemain pengganti Pablo Hernandez.

Harrison kemudian menutup penampilan gemilang ini dengan gol pada menit ke-88 saat dia menyasar sudut atas gawang dengan tendangan kaki kirinya yang manis.

"Kami selalu keras berusaha dan bertanding sampai bunyi peluit akhir," kata Harrison seperti dikutip Reuters. (antara)