Warga Gotong Royong Bersihkan Lokasi Longsor di Cigangsa Garut

Warga Gotong Royong Bersihkan Lokasi Longsor di Cigangsa Garut
Foto: Zainulmukhtar



INILAH, Garut - Warga bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Cilawu dan sejumlah relawan bergotong royong membersihkan puing-puing rumah rusak diterjang longsor di Kampung Cigangsa RT 02 RW 08  Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu, Rabu (16/12/2020).

Mereka juga melakukan perataan tanah dari timbunan material longsor dan pembersihan tebing mengalami longsor yang berlokasi persis dekat bangunan SDN Sukamaju 5 itu.

"Untuk pengajuan TPT (tembok penahan tanah/tebing) dan rumah ambruk, sudah kita koordinasikan dengan Dinas Perumahan dan Permukiman, dan Dinas Pendidikan," kata Camat Cilawu Mekarwati.


Dia mengatakan, longsor terjadi pada Selasa (15/12/2020) sekitar pukul 14.30 WIB dipicu hujan deras dengan mengakibatkan satu unit bangunan rumah warga ambruk, dan tiga unit bangunan rumah lainnya terancam. Tak ada korban jiwa. 

Selain warga yang rumahnya ambruk, warga yang rumahnya terancam juga sempat diungsikan ke tempat aman guna menghindari kemungkinan terjadi longsor susulan.

"Penanganan warga yang rumahnya ambruk, sementara bersama keluarga. Bantuan sandang untuk warga terdampak sudah ada dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Bantuan makanan juga sudah datang dari Dinsos (Dinas Sosial)," kata Mekarwati. (Zainulmukhtar)