Ini Ungkapan Saiful Jauh Dari Orangtua

Ini Ungkapan Saiful Jauh Dari Orangtua
Istimewa



INILAH, Bandung - Saiful menjadi satu di antara sebagian besar pemain Persib Bandung yang harus jauh dari orang tua. Ini terjadi sejak terdaftar menjadi pemain Diklat Persib. 

Meski demikian, pemain asal Karawang ini mengaku sangat menikmati kondisi jauh dari orang tua. Pasalnya pemain yang beroperasi sebagai gelandang ini sudah mendapatkan bekal. 

Saiful menuturkan orang tuanya telah sejak lama menanamkan sifat kemandirian. Hal itu bertujuan agar Saiful bisa bertahan saat harus jauh dari orang tua. 


"Mamah selalu berpesan, harus tetap bisa menjaga diri, tidak menyusahkan orang lain. Harus tetap apik (hidup baik, bersih) dapat melakukan kegiatan sehari-hari sendiri," kata Saiful dilansir laman resmi Persib. 

Pemain yang baru dipromosikan ke tim senior musim ini terbiasa melakukan pekerjaan rumah mulai dari menyapu, mengepel hingga mencuci baju. Pembiasaan di rumahnya ini sangat bermanfaat saat ia harus merantau ke Bandung. 

"Sejak kecil sudah ditanamkan sama keluarga supaya ikut beres-beres rumah, nyapu, mengepel. Bisa sambil buang keringat juga. Yang terpenting bantu mamah dan keluarga, biar terbiasa saat jauh dari rumah," ucapnya. 

Tidak adanya agenda latihan bersama membuat Saiful kini lebih banyak tinggal di rumah. Ia memanfaatkan waktu luang untuk berkumpul bersama keluarga. Kesempatan ini pun digunakan untuk membantu orang tua. 

"Kegiatan sekarang tidak banyak. Selain latihan, saya membantu orang tua dan berkumpul di rumah. Lagi pula di situasi seperti saat ini kita harus lebih banyak menjaga kesehatan," ungkapnya.(Muhammad Ginanjar)