Lain Dulu, Lain Sekarang, Barcelona Perlahan Tinggalkan Tiki-taka

Lain Dulu, Lain Sekarang, Barcelona Perlahan Tinggalkan Tiki-taka
Ilustrasi/Antara Foto



DAHULU, Barcelona selalu menampilkan performa enak ditonton untuk memenangi laga. Sekarang di tangan Ronald Koeman, proses tak lagi penting. 'Yang penting gol," ujarnya.

Barcelona menjamu Levante di Camp Nou, Senin (14/12) dini hari WIB. Mereka menang tipis lewat aksi Lionel Messi. Koeman puas meski hanya menang tipis.

Bahkan ketika unggul, pelatih asal Belanda ini mengganti striker Antoine Griezmann dengan bek Samuel Umtiti. Sebuah pemandangan baru ketika Barcelona menerapkan strategi pragmatis. Ya, di masa lalu mereka konsisten dengan gaya 'tiki-taka' yang mengandalkan penguasaan bola.


"Saya tidak peduli bagaimana kami memenangkan pertandingan," kata Koeman dalam konferensi pers seperti di kutip Reuters.

"Kami tahu dan kami harus menghadapi tendangan sudut dan bola mati. Kami juga harus bertahan dengan cara apapun yang memungkinkan."

Pelatih asal Belanda itu tampak frustrasi saat ditanyai taktiknya oleh wartawan, yang ia tuduh mencari kontroversi.

"Itu adalah pertanyaan khas yang diajukan orang ketika mereka ingin menimbulkan keributan," balasnya.
"Sepanjang hidup saya, saya selalu mengerti bahwa ketika Anda unggul 1-0, bahkan jika Anda memegang kendali, Anda harus mampu bertahan. Jika Anda tidak dapat memahami itu, Anda sebaiknya menyerah."

Barcelona pada pertandingan ke-12 La Liga akan menghadapi Real Sociedad, setelah sebelumnya Blaugrana ini mengalami kekalahan mengejutkan dari Cardiz dan kalah dari Juventus 0-3 pada Liga Champions sehingga posisi puncak klasemen grup melayang.

Kemenangan atas Levante membuat Lionel Messi dan kawan-kawan mengurangi defisit menjadi sembilan poin jelang pertandingan di kandang melawan Sociedad, Kamis (17/12) dini hari WIB.

"Sangat penting untuk menang karena untuk mengontrol posisi kami di klasemen. Saya senang dengan tim karena kami melakukan apa yang harus kami lakukan," tambah Koeman. (Antara)