Heboh, Ladang Ganja 1,5 Hektare di Purwakarta

Heboh, Ladang Ganja 1,5 Hektare di Purwakarta
Warga Kabupaten Purwakarta mendadak heboh dengan adanya penemuan 1,5 hektare ladang ganja




INILAH, Purwakarta- Warga Kabupaten Purwakarta mendadak heboh dengan adanya penemuan 1,5 hektare ladang ganja di Pegunungan Sukasari, Sabtu (16/2).

Lokasi peneman, itu tepatnya berada di Cigunung Beruk, Kampung Bedeng, Desa Kutamanah. Di sana, petugas kepolisian menemukan sedikitnya 1.500 batang pohon ganja siap panen.

Dari informasi yang diperoleh INILAHKORAN, penemuan ladang ganja ini, berawal dari penangkapan seorang mahasiswa asal Kabupaten Karawang oleh petugas kepolisian DI Yogyakarta.

Pemuda berinisial AR (22) ini ditangkap, lantaran kedapatan mengedarkan ganja di daerah istimewa itu. Dari pengembangan kasus itu, petugas kemudian berhasil mengungkap ladang ganja ini berikut dua pelaku lainnya.

Kasubnit Lidik 1, Satres Narkoba Polresta Yogyakarta, IPDA Bodia Teja Lelana, mengatakan, dari pelaku AR pihaknya berhasil menyita 101 paket ganja yang diduga akan diedarkan di wilayah DIY.

"AR ditangkap saat hendak mengedarkan ganja di daerah kami. Pengakuannya, ganja ini di bawa dari daerahnya di Karawang," ujar Bodia saat di Purwakarta, Sabtu (16/2/2019) petang.

Pengembangan pun berlanjut, kata dia, pihaknya lantas ke Kabupaten Karawang tak lain ingin memastikan barang bukti ganja yang ada di daerah pelaku ini.

"Dari Yogyakarta, kami bersama enam anggota langsung menuju ke Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Setelah dilakukan penyidikan dan penyamaran, dari sana kami berhasil mengamankan seorang kurir ganja berinisial YA (22) yang juga warga Karawang," kata Bodia.

Dari keterangan YA, petugasnya juga berhasil mengungkap informasi jika barang tersebut dia dapat dari AS (42) yang merupakan warga Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

"Ketika proses transaksi dengan AS kami juga dapatkan barang bukti sebanyak ratusan paket kecil siap edar persis seperti yang kami dapatkan dari AR," jelas dia.

Kemudian, sambung dia, dari keterangan AS pihaknya mendapat bukti lain. Yakni, pelaku ini ternyata memiliki ladang ganja di Kecamatan Sukasari.

"Kami sudah melakukan pengembangan ini dari Kamis (14/2/2019) lalu," ujar Bodia.

Mendapat informasi seperti itu, lanjut dia, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta untuk meninjau lokasi ladang ganja ini.

"Kami kan tidak tau bagaimana medannya, makanya kami berkoordinasi dengan Polres Purwakarta," tambah dia.

Terpisah, Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, diladang ganja ini, ditemukan sedikitnya 1.300 batang pohon ganja yang ditanam dalam plastik polibag.

"Kurang lebih ditemukan kurang lebih 1.300 batang pohon ganja, yang tanam tanah seluas 1,5 hektare yang di selingi pohon pepaya untuk menyamarkannya," kata Heri.