Kota Bandung Bidik APE 2020 Tingkat Mentor

Kota Bandung Bidik APE 2020 Tingkat Mentor
istimewa



INILAH, Bandung - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung menyosialisasikan dan mengadvokasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam rangka persiapan verifikasi penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

 

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, PUG adalah suatu strategi maupun pendekatan untuk mencapai kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki. PUG memerlukan kebijakan, program kegiatan yang berperspektif gender. 


 

"Aspek yang perlu diperhatikan bersama adalah fitrah insaniyah baik laki-laki ataupun perempuan untuk mensikapi kesetaraan gender. Tidak ada bedanya pria dan wanita. Yang ada, siapa pun manusia itu paling terbaik ialah orang yang bertaqwa," kata Oded. 

 

Di lain sisi, Kepala Dinas DP3APM Kota Bandung, Tatang Muchtar mengatakan, pada 2016 Kota Bandung telah meraih penghargaan APE tingkat mentor. Sedangkan di 2018,Kota Bandung telah meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat utama. 

 

"Untuk 2020 tahap pertama kita telah melaksanakan penilaian administrasi pada 30 November secara online. Alhamdulillah hasil evaluasi Kota Bandung meraih Skor 98 dan skor 100. Tahap kedua evaluasi akan menetapkan verifikasi lapangan untuk penilaian. Semoga Kota Bandung kali ini mendapat penghargaan APE tingkat mentor," kata Tatang. 

 

Diketahui, APE merupakan bentuk penghargaan tertinggi di bidang pembangunan berbasis gender bagi daerah kabupaten dan kota di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada yang berhasil mewujudkan membangun berbasis gender di daerahnya. (Yogo Triastopo)