Jabar Konsisten Kejar Transformasi Digital, Kepala Diskominfo Raih Penghargaan Level Internasional

Jabar Konsisten Kejar Transformasi Digital, Kepala Diskominfo Raih Penghargaan Level Internasional
istimewa



INILAH, Bandung - Kinerja Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat kembali mendapatkan pengakuan. Kali ini, salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar tersebut mengantungi penghargaan level internasional. 

Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mendulang penghargaan dalam The World Chief Information Officer (CIO) 2020 Awards untuk kategori Legend CIO - Lifetime Achievement Awards. 

CIO atau kepala pejabat informasi merupakan sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi.


Perannya sebagai pimpinan Diskominfo Jabar itu dinilai bertanggung jawab terhadap perencanaan, implementasi serta pengambilan kebijakan di bidang e-government di lingkungan Pemprov Jabar menobatkan Setiaji sebagai Pemimpin Transformatif di Bidang Teknologi oleh panitia Global CIO Forum.

"Jadi ini merupakan perkumpulan dari 26 negara memilih CIO yang terbaik di setiap tahunnya dengan masing-masing sektor, pemerintahan, logistik dan lain lain. Nah salah satunya saya juga terpilih," ujar Setiaji, Kamis (10/12/2020).

Dia menjelaskan, penghargaan dengan level internasional ini diberikan kepada CIO yang dapat bertanggung jawab mewujudkan transformasi digital melalui organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpinnya. Di mana, sejauh ini sejumlah program pun telah digagas Diskominfo Jabar, seperti program Desa Digital dan kehadiran Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar).

"Tapi selain itu, mereka (panitia) juga melalukan riset, untuk mengetahui Jabar sudah melakukan apa saja dalam mewujudkan digital transformasi," katanya.

Setiaji berharap, penghargaan ini dapat dijadikan motivasi untuk menciptakan dampak yang lebih besar dan berkesinambungan serta menjadi inspirasi bagi transformasi digital pemerintah di Indonesia, Asia Pasifik dan belahan dunia lainnya.

"Semoga hal ini lebih dapat memotivasi kami untuk menciptakan dampak yang lebih besar dan berkesinambungan serta menjadi inspirasi bagi transformasi digital," ucapnya.

Untuk diketahui, Gobal CIO Forum merupakan komunitas nirlaba CIO dan pemimpin teknologi informasi (TI) yang misinya memfasilitasi jejaring, berbagi praktik terbaik, dan pengembangan TI untuk berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi CIO/Eksekutif TI yang bermarkas di New Jersey, AS. (Rianto Nurdiansyah)