Samsung Galaxy S21 Juga Akan Dijual Tanpa Charger?

Samsung Galaxy S21 Juga Akan Dijual Tanpa Charger?
istimewa



INILAH,  Seoul - Samsung dikabarkan kemungkinan tidak akan memasukkan perangkat pengisi daya atau charger pada seri Galaxy S21 yang akan datang, sebuah langkah yang sebelumnya dilakukan Apple pada lini smartphone terbarunya iPhone 12.

Semua model iPhone 12, serta smartphone lainnya dalam jajaran Apple saat ini (iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone SE) dikirimkan tanpa adaptor daya dan earphone. Raksasa teknologi AS itu mengklaim mengambil langkah ini untuk menurunkan emisi karbon dan limbah elektronik.

Sementara itu, Tecnoblog melaporkan bahwa Galaxy S21 (nama kode SM-G991B/DS), Galaxy S21 Plus (SM-G996B/DS), dan Galaxy S21 Ultra (SM-G998B/DS) telah disertifikasi oleh badan telekomunikasi Brasil ANATEL. Daftar tersebut telah mengungkapkan bahwa smartphone baru akan datang tanpa pengisi daya.


Langkah ini disebut akan mengimbangi biaya terkait dengan pembuatan smartphone premium saat ini, seperti penambahan komponen 5G dan komponen lainnya yang memungkinkan kecepatan refresh rate yang tinggi, di luar alasan agar lebih ramah lingkungan.

Laporan lain bahkan menyebutkan bahwa earphone berkabel juga tidak akan disertakan, namun ada kemungkinan Samsung akan menawarkan earbud nirkabel sebagai gantinya.

Sementara itu, badan perlindungan konsumen di Brasil baru-baru ini memerintahkan Apple untuk merevisi keputusan yang meniadakan pengisi daya dari kotak iPhone di Sao Paulo, dan undang-undang Prancis telah mengamanatkan bahwa Apple harus menyertakan earphone pada perangkat yang mereka jual.

Masih harus dilihat apakah negara lain juga akan mencegah praktik ini. Jika tidak, kemungkinan besar perusahaan lain juga akan mengikuti, dan mungkin akan menjadi normal baru untuk menjual smartphone tanpa aksesori yang saat ini dianggap penting. (inilah.com)