Robert Alberts Tak Rela Febri Hariyadi Hengkang

Robert Alberts Tak Rela Febri Hariyadi Hengkang
Febri Hariyadi. (Bambang Prasethyo)



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tak menampik akan merasa kehilangan apabila pemainnya Febri Hariyadi benar-benar hengkang dari tim. Terlebih, pemilik nomor punggung 13 ini mendapatkan tawaran untuk bisa bergabung dengan salah satu klub asal Thailand. 

Menurutnya, Febri merupakan pemain hasil didikan klub yang saat ini menjadi andalan Persib Bandung. Terbukti, dia kerap dipercaya sebagai starter, bahkan menjadi langganan tim nasional Indonesia. 

"Jika Febri pergi, tentu itu menjadi kehilangan besar bagi Persib karena dia adalah pemain homegrown (pemain didikan klub) dengan banyak kemungkinan berkembang menjadi pemain besar bagi klub maupun Indonesia," ujar Robert saat dihubungi, Rabu (9/12/2020). 


Pelatih asal Belanda ini mengatakan Febri memiliki dedikasi yang tinggi terhadap Persib dan menunjukan profesionalisme dalam membela tim berjulukan Maung Bandung ini. 

"Penuh dedikasi, sangat profesionalisme, mempunyai kecepatan yang mana itu sangat penting. Meski dia juga masih harus banyak berbenah," bebernya. 

Robert pun memberikan saran yang berlaku untuk semua pemain. Ketika mendapatkan tawaran untuk bertolak ke luar negeri, maka hal pertama yang dilakukan adalah duduk bersama. 

"Melihat negara mana yang menawar kamu dan, klub apa yang menawar kamu," tuturnya.

Contohnya, lanjutnya, ketika menangani PSM Makassar, pemainnya Ferdinand Alferd Sinaga mendapatkan tawaran dari klub Malaysia, Kelantan yang kebetulan sangat diketahuinya. 

"Saya katakan dengan jelas kepada Ferdinand bahwa dia tidak akan lama berada di sana karena saya tahu sepak bola Malaysia. Saya katakan padanya tetap membuka tempat (kembali) karena tahu dia akan kembali secepatnya dan itu terjadi, dia hanya berada kurang dari tiga bulan," katanya. 

Hasilnya, kata Robert, Ferdinand mencoba menghubunginya kembali untuk bisa memperkuat PSM Makassar. Sebab kompetisi di Malaysia, berakhir dengan cukup singkat. 

"Jadi penting mempertimbangkan klub apa yang dipilih, dan kami punya contoh bagus seperti Bambang (Pamungkas) yang pergi ke Selangor dan punya reputasi bagus. Karena selain dia pemain yang bagus, dia juga punya kepribadian bagus yang bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan pemain lain dan juga lingkungan yang sulit," jelasnya. 

Karena itu, Robert memberikan sedikit masukan kepada Febri Hariyadi saat mendapatkan tawaran dari salah satu klub Thailand. Hingga akhirnya Febri memutuskan untuk bertahan di Persib Bandung. 

"Jadi itu hal yang rumit, bukan hanya pergi ke suatu tempat tapi juga bagaimana memilih tempat yang tepat kemana kamu akan pergi dalam sudut pandang karier. Jadi Febri sudah sangat jelas bahwa dia tidak ingin meninggalkan Persib dalam tahap kariernya sekarang untuk pergi ke Thailand," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)