Iseng Bermanfaat, Dado Kursus Pelatih Lisensi C AFC

Iseng Bermanfaat, Dado Kursus Pelatih Lisensi C AFC
Dedi Kusnandar. (Muhammad Ginanjar)



INILAH, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar ternyata turut ambil bagian dalam program kursus untuk mendapatkan lisensi kepelatihan C AFC. Program tersebut sudah berjalan di Kuningan, Jawa Barat sejak 17 November sampai awal Desember mendatang. 

Namun demikian, pemilik nomor punggung 11 ini memastikan keikutsertaannya bukan ingin menjadi pelatih sepak bola. Sebaliknya, dia hanya ingin menambah wawasannya mengenai cabang olahraga yang dimainkan 11 lawan 11 orang ini. 

"Ya, kemarin ambi lisensi. Alhamdulillah nambah ilmu, tapi bukan berarti saya ambil lisensi untuk jadi pelatih dalam waktu dekat, tapi ambil lisensi juga jadi wawasan saya bermain bola," ungkap Dedi saat dihubungi, Senin (7/12/2020). 


Dari hasil kursus tersebut, pemain asal Jatinangor, Kabupaten Sumedang ini mengaku cukup terkejut. Pasalnya tugas seorang pelatih ternyata berat. 

"Gak gampang seperti yang kita pikirkan. Terus pelajaran kedua banyak hal-hal sepak bola yang sebelumnya saya tidak tahu jadi tahu," katanya. 

Karena itu, pemain yang akrab disapa Dado ini merasakan ilmunya dalam bermain sepak bola bertambah. Diharapkan hal itu berpengaruh besar pada kualitasnya di lapangan. 

"Jadi bekal juga karena ilmu mah gak berat bawanya. Ilmu bisa bermanfaat juga," tuturnya. 

Selain itu, lanjutnya ini juga akan menjadi bekal saat sudah tidak aktif bermain sepak bola. Sehingga dia tak terkejut ketika akhirnya memutuskan menjadi pelatih.

"Pasti jadi bekal kalau sudah tidak main lagi sebagai pemain sepak bola. Kalau garisnya jadi pelatih, seenggaknya kita sudah punya dasarnya, jadi gak panik. Jadi hal positif bisa mengikuti kursus kepelatihan ini," ungkap Dado.(Muhammad Ginanjar)