Robert Alberts Buka-bukaan Soal Rahasia 45 Tahun Selalu Pakai Topi

Robert Alberts Buka-bukaan Soal Rahasia 45 Tahun Selalu Pakai Topi
Istimewa



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts identik dengan topi. Pelatih asal Belanda ini tak pernah lepas dari topi, baik di sesi latihan maupun pertandingan. 

Berbagai macam topi dikenakannya. Namun, pelatih berusia 65 tahun ini beralasan bahwa topi yang digunakannya hanya untuk melindungi kepalanya dari sinar matahari secara langsung.

"Itu (topi) selalu saya gunakan karena untuk menutupi matahari. Itu adalah alasan utamanya," ungkap Robert. 


Meski demikian, ada satu topi yang selalu menjadi pilihan utamanya. Terutama saat tim yang ditanganinya terlibat pertandingan. Topi itu berwarna cokelat dengan model visor atau biasa orang menyebut topi golf. 

"Ya, itu (topi cokelat) sangat bersejarah," katanya.

Robert mengaku topi itu didapatkan ketika masih aktif bermain sepak bola dengan membela tim Vancouver Whitecaps. Saat itu tim asal Amerika ini tengah berlibur ke Hawaii. 

"Saat itu kami pergi ke Hawaii untuk berlibur dan di pantai tentu sinar matahari begitu menyilaukan. Lalu ada orang di sebelah saya menawarkan saya topi cokelat itu, topi yang dia buat sendiri dan akhirnya saya mau membelinya," kenangnya.

Sejak saat itu, kata Robert topi itu terus dikenakannya. Bahkan menjadi ciri khasnya terutama saat tim yang ditanganinya terlibat pertandingan. 

"Setelah itu, sejak saya masih berusia 20 tahun, topi itu sudah selalu melekat dengan saya. Jadi sudah 45 tahun saya memakai itu, dan membuat saya merasa nyaman," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)