Ada Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Disdukcapil Garut Ditutup Sementara

Ada Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Disdukcapil Garut Ditutup Sementara



INILAH, Garut,- Menyusul sejumlah perkantoran di lingkungan Pemkab Garut maupun lainnya yang sempat dilakukan penutupan sementara gegara ada pegawainya terpapar Covid-19, kini giliaran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Kabupaten Garut di Jalan Patriot Kecamatan Tarogong Kidul ditutup sementara waktu karena hal sama.

Pada spanduk diumumkan pihak Disdukcapil, kantor yang setiap harinya ramai dengan masyarakat membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan itu resmi ditutup sementara mulai Senin (7/12/2020) hingga batas waktu belum ditentukan.

Penutupan kantor dilakukan sebagai upaya memutuskan rantai penularan Covid-19 di lingkungan kantor bersangkutan, sesuai Surat Edaran Bupati Garut Nomor : 188.34/2300/BKD tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di lingkungan Pemkab Garut.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Garut Dadang Herawan Sugiharto membenarkan adanya penutupan sementara kantor Disdukcapil tersebut. Di menyebutkan, hal itu dilakukan menyusul seorang pegawainya terkonfirmasi positif Covid-19. "Ada satu pegawai terpapar Covid-19, dan sekarang masih isolasi perawatan. Jadi, untuk memutus alur paparan (Covid-19), kantor ditutup dulu. Tempat harus disterilisasi dan pegawai supaya tidak saling bertemu dahulu," ujarnya.

Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan M. Refqi Fauzi Al Ahsani menambahkan, penutupan kantor dilakukan sambil menunggu hasil swab terhadap para pegawai di lingkungan kantor, sekaligus merupakan langkah preventif Disdukcapil yang memang memiliki tingkat pelayanan kontak langsung cukup tinggi antara petugas dengan warga.

Kendati ditutup, baik Dadang maupun Refqi memastikan pelayanan di Disdukcapil tetap berjalan dengan memaksimalkan pelayanan secara online melalui laman web "pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id".

Sedangkan pelayanan perekaman KTP-Eleltronik, irish mata dan update data yang tidak bisa secara online untuk Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, dan Kecamatan Tarogong Kidul maka dapat dilayani di kecamatan terdekat (Cilawu, Bayongbong, Samarang, Leles, Banyuresmi, Karangpawitan).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut per 6 Desember 2020, kasus penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul sendiri mencapai sebanyak 282 kasus positif. Dua kasus di antaranya meninggal dunia.

Beberapa kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemkab Garut berada di wilayah Kecamatan Tarogong Kidul yang sebelumnya sempat dilakukan penutupan karena kasus penularan Covid-19, antara lain kantor Dinas Kesehatan Jalan Proklamasi, kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jalan Raya Samarang; Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Jalan Terusan Merdeka; serta perkantoran di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Garut termasuk kantor Bupati, dan kantor Wabup Garut Jalan Pembangunan. Juga, kantor DPRD Garut Jalan Patriot.(zainulmukhtar)