WNA Afghanistan Tewas Gantung Diri di Kamar Kos di Bogor Timur

WNA Afghanistan Tewas Gantung Diri di Kamar Kos di Bogor Timur



INILAH, Bogor - Seorang pria asal Afghanistan berinisial MA (24) nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri diduga karena persoalan ekonomi di kamar kosnya, Kampung Gudang Garam, Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Timur pada Minggu (6/12/2020) siang. Diketahui MA merupakan pengungsi UNHCR atau pencari suaka.

Paur Subag Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar mengatakan, dari keterangan rekan korban sesama pengungsi atau pencari suaka berinisial MQ (34), korban diduga gantung diri karena persoalan ekonomi. MQ juga menjadi orang pertama yang menemukan korban tergantung di dalam rumah kos sekitar pukul 12.35 WIB.

"Berdasarkan keterangan saksi MQ, korban beberapa hari sering mengeluh masalah keluarganya yang di Afghanistan. Korban juga sempat bercerita meminta dikirimkan uang kepada keluarganya di Afghanistan," ungkap Rachmat kepada wartawan pada Minggu (6/12/2020) sore.


Rachmat melanjutkan, tetapi uang yang diharapkan korban tak kunjung datang.

"Ya, korban meminta uang, namun dari keluarganya yang di Afghanistan tidak kunjung mengirimkan uang," tambahnya.

Rachmat juga menjelaskan, awalnya mula MQ mengetahui korban bunuh diri karena bermaksud berkunjung ke rumah kos korban, saat tiba di kosan korban pintu dalam keadaan terkunci.

"Kemudian rekan korban MQ itu mengintip dari celah jendela kaca. MQ kaget saat itu langsung melihat korban tergantung di ruangan tengah rumah kos," jelasnya.

Masih kata Rachmat, selanjutnya MQ melapor ke warga yang kemudian kejadiian itu dilaporkan ke ketua RT setempat yang kemudian pintu rumah kos dibuka dibantu pemilik kos. Setelah pintu didobrak, korban didapati tengah mengenakan kaos dan celana pendek putih dalam kondisi menghitam diduga sudah membusuk serta leher terikat seutas kain yang dijadikan tali.

"Ketua RT dan warga yang membuka pintu, melihat korban sudah tergantung. Setelah itu ketua RT melaporkan kepada pihak kepolisian," tuturnya.

Sementara itu warga sekitar, Maman (36) mengatakan, dirinya mendapat informasi dari warga bahwa ada warga negara asing yang tewas gantung diri.

"Tadi siang ada informasi seorang pria warga negara asing ditemukan gantung diri, dirumah kos dekat gardu Gudang Garam," ujarnya.