Liga Inggris, Manchester City Tembus Empat Besar Setelah Kalahkan Fulham

Liga Inggris, Manchester City Tembus Empat Besar Setelah Kalahkan Fulham
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Manchester City menerobos empat besar klasemen sementara Liga Inggris selepas membungkam Fulham 2-0 dalam laga pekan ke-11 di Stadion Etihad, Sabtu.

Dua gol kemenangan City dicetak dalam setengah jam pertama pertandingan oleh Raheem Sterling dan Kevin de Bruyne, yang membuat tim besutan Pep Guardiola perlahan mulai membayar performa awal musim mereka yang kurang menawan.

Lima menit setelah sepak mula City langsung memimpin ketika De Bruyne mengirimkan umpan terobosan membelah pertahanan Fulham dan Sterling menyambutnya dengan sepakan mendatar untuk menaklukkan kiper Alphonse Areola.


Fulham berusaha membalas lewat Ademola Lookman tetapi tembakannya berhasil dihalau oleh bek Ruben Dias, sedangkan sepak pojok yang dihasilkan dan disambut tandukan Tosin Adarabioyo masih melenceng di sisi gawang.

City perlahan menggenggam penuh jalannya pertandingan dan memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Sterling dijatuhkan oleh Joachim Andersen di dalam area terlarang.

Kesempatan itu dihadapi oleh De Bruyne yang dengan tenang mengecoh Areola untuk melesakkan ke bola ke area kanan gawang untuk menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-26.

Empat menit kemudian, Fulham hampir mendapat hadiah atas umpan balik John Stones terlalu deras dan tak terjangkau kiper Ederson Moraes yang terlanjur meninggalkan sarangnya, beruntung bola menggelincir di sisi gawang.

City terus menekan dan lima menit memasuki babak kedua De Bruyne hampir mencetak gol keduanya tetapi tembakannya membentur mistar gawang dan bola muntah yang ia sambar masih melambung tinggi.

Dominasi yang dimiliki City tak kunjung membuahkan hasil, sedangkan Fulham yang berusaha membalas mendapati tembakan Ivan Cavaleiro dimentahkan Ederson pada menit ke-76 sehingga tak ada perubahan skor hingga bubaran.

Tambahan tiga poin membuat City kini menempati peringkat keempat klasemen dengan koleksi 18 poin, sembari menanti hasil pertandingan tim-tim lain.

Sedangkan Fulham (7) masih tertahan di urutan ke-17 dan terancam terperosok ke zona degradasi jika West Bromwich Albion menang melawan Crystal Palace pada Minggu (6/12).

Situasi Fulham juga kurang menguntungkan sebab di pertandingan selanjutnya mereka harus menjamu juara bertahan Liverpool di Craven Cottage pada Minggu (13/12) pekan depan.

Sementara City akan lebih dulu menjamu Marseille dalam laga pemungkas Grup C Liga Champions pada Rabu (9/12) sebelum melawat ke Old Trafford menghadapi Manchester United dalam Derbi Manchester edisi perdana musim ini. (antara)