Tahun Depan, Pemprov Jabar Mulai Cicil Pembangunan 25 Rumah Sakit

Tahun Depan, Pemprov Jabar Mulai Cicil Pembangunan 25 Rumah Sakit
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Pemprov Jawa Barat mengejar pembangunan 23-25 rumah sakit baru dalam 15 tahun ke depan. Untuk merealisasikan ini, Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) akan menjadi skema pendanaan. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, terkait pembangunan puluhan rumah sakit baru ini menjadi salah satu yang digaungkan pada West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang digelar beberapa waktu lalu.

"Itu kan udah diumumkan di WJIS, bahwa ada keberhasilan Jawa Barat yaitu Rp14 triliun dana dari pihak ketiga melalui KPBU akan membangun," ujar Ridwan Kamil, Senin (30/11/2020).


Dia memastikan, pendanaan 25 rumah sakit yang akan berdiri di Jabar ini tidak akan mengandalkan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Terlebih, dia mengklaim, telah berhasil membawa target pembangunan tapi tidak menggunakan APBD.

"Saya pernah dulu ya bernarasi bawa membangun Jawa Barat tidak harus dengan APBD, saya tugaskan Jasa Sarana, Jasa Sarana bermitra dengan Australia, Australia membawa Rp14 triliun sebagai tahap 1," paparnya. 

Dia menjelaskan, pembanguan rumah sakit ini akan dimulai pada 2021, hingga nantinya dapat berdiri pada seluruh wilayah di Jabar. Terlebih, proyek tersebut masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

"Bahwa dalam kondisi Covid ini harus mengedepankan kesiapan infrastruktur kesehatan juga," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)