Selangkah Lagi Istri Sunjaya Jadi Wabup Cirebon

Selangkah Lagi Istri Sunjaya Jadi Wabup Cirebon
Foto: Maman Suharman



INILAH, Cirebon - Hanya dalam hitungan hari, Wahyu Tjiptaningsih (Ayu) akan menjadi wakil bupati (Wabup) Cirebon. Kepastian tersebut terkuak, saat paripurna pengambilan nomor urut cawabup yang digelar Panlih DPRD Kabupaten Cirebon, Senin (30/11/2020). 

Istri mantan Bupati Cirebon Sunjaya itu mendapatkan nomor urut 2. Sementara Cunadi yang juga mantan sopir pribadi Ayu, mendapatkan nomor urut 1. Usai pengambilan nomor urut, Ayu mengaku lega karena sebentar lagi pemilihan wabup akan digelar. Dia optimistis akan mengungguli lawannya yaitu Cunadi. Namun, dirinya menyerahkan semua mekanisme pemilihan. 

"Saya mah optimis bisa mengungguli lawan saya. Tapi hasilnya kita lihat saat pemilihan nanti," kata Ayu kepada media.


Ayu mempertegas, kalau saja dirinya terpilih menjadi wabup akan bersinergi dengan kinerja bupati. Bagaimanapun, wabup hanya menerima perintah bupati terkait persoalan kinerja. Namun, dirinya tetap akan berpedoman pada visi misi bupati pasangan Sunjaya-Imron.

"Wakil kan hanya mendampingi bupati saja. Mewakili kalau bupati berhalangan hadir. Saya akan nurut apa yang diperintahkan bupati, supaya kinerja bisa sinergi," ungkap Ayu.

Sedangkan, Cunadi mengaku siap mengikuti pemilihan wabup yang tinggal menunggu hari saja. Namun, karena perintah partai harus Ayu yang jadi, dirinya mengaku tidak ada beban sama sekali. Sebagai kader partai, dirinya akan patuh dan tunduk pada perintah partai.

"Kan pusat memerintahkan Bu Ayu harus jadi, ya saya tidak ada beban sama sekali. Saya santai saja," jelas Cunadi.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku tidak masalah adanya wabup. Justru, tugas-tugasnya akan terbantu. Masalahnya, selama ini kadang-kadang kerepotan dengan banyaknya tugas sebagai bupati. Imron berharap, akan terjadi sinergitas kinerja antara Ayu dengan dirinya.

"Justru saya senang ada wakil bupati. Tugas-tugas saya sakan semakin ringan. Asalkan nanti sama sama memahami tugas dan fungsi masing-masing. Semua kan ada porsinya," jelas Imron.

Sedangkan, Ketua Panlih Wabup Cirebon Mustopa menegaskan pemilihan Wabup dipastikan pada Rabu (2/12/2020) lusa. Artinya, hanya tinggal dua hari lagi perhelatan akan digelar. Dirinya berharap, pemilihan wabup akan berjalan dengan lancar karena semua mekanisme persyaratan sudah ditempuh.

"Mudah-mudahan tanggal 2 Desember ini terselenggara sesuai jadwal. Kita berharap, saat pemilihan semua bisa kondusif," tukas Mustopa. (Maman Suharman)