RS Ummi Buka Suara Soal Kepulangan HRS

RS Ummi Buka Suara Soal Kepulangan HRS



INILAH, Bogor - RS Ummi akhirnya buka suara perihal kepulangan pasien Habib Rizieq Syihab (HRS) pada Sabtu (28/11/2020) malam lalu. Pihak RS Ummi juga membeberkan kronologis kepulangan yang merupakan atas permintaan sendiri (APS).

Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat mengatakan, pasien HRS dan keluarga menginformasikan untuk meminta pulang atas permintaan sendiri atau APS. 

"Kami mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai pemeriksaan yang memang belum ada hasilnya. Tetapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," ungkap Andi kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020).


Dia melanjutkan, RS Ummi tidak bertanggungjawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Lantaran, pasien bersedia menandatangani dokumen kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang APS, bukan RS yang memulangkan," tambahnya.

Terpisah, Kapolresta Bogor Kota Kombes Polisi Hendri Fiuser menyampaikan pihaknya mengecek kepastian HRS sudah tidak berada di RS Ummi.

"Kami hanya mengecek dan untuk selanjutnya tidak ada kewenangan kami untuk mengetahui keberadaan HRS setelah pulang dari RS Ummi," ungkapnya. (Rizki Mauludi)