Liga Jerman: Bayern dan Leipzig Kembali ke Jalur Kemenangan

Liga Jerman: Bayern dan Leipzig Kembali ke Jalur Kemenangan
Ilustrasi (antara)



INILAH, Bandung - Bayern Munich dan RB Leipzig kembali ke jalur kemenangan pada pertandingan-pertandingan putaran kesembilan Liga Jerman pada Sabtu, sedangkan Borussia Dortmund tergelincir dan harus menelan kekalahan.

Tim Bavaria Bayern sempat tertinggal satu gol dari tuan rumah VfB Stuttgart sebelum mengamankan kemenangan 3-1. Sementara itu Leipzig sukses memukul tamunya Arminia Bielefeld dengan kemenangan 2-1, di saat bersamaan Dortmund takluk 1-2 di tangan tamunya Cologne.

Hasil itu mengokohkan Bayern di pucuk klasemen dengan 22 poin, sedangkan Leipzig naik ke posisi kedua dengan 20 poin sambil menggeser Dortmund, yang sekarang turun ke posisi ketiga dengan 18 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.


Bayern dibuat terkejut saat Tanguy Coulibaly membuka keunggulan Stuttgart pada menit ke-20 saat ia menyambar umpan silang Silas Wamangituka.

Usaha keras Bayern untuk menyamakan kedudukan baru tercapai pada menit ke-38, melalui gol Kingsley Coman dengan memanfaatkan umpan terobosan Thomas Mueller. Bayern bahkan masih sempat membalikkan keadaan pada menit ke-45+1 berkat tembakan akurat Thomas Lewandowski dari luar kotak penalti.

Setelah turun minum, tidak banyak peluang dapat diciptakan oleh kedua tim. Namun Bayern masih mampu mendapatkan gol ketiganya saat pemain pengganti Douglas Costa bergerak memotong dari kanan dan melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti.

Pada pertandingan yang dimainkan di Red Bull Arena, tuan rumah RB Leipzig memecah kebuntuan pada menit ke-29. Angelino berlari mengejar umpan Lazar Samardzic, mengecoh kiper Stefan Ortega, untuk kemudian memasukkan bola ke gawang yang kosong.

Pemain pengganti Christopher Nkunku mengemas gol kedua Leipzig melalui sentuhan pertamanya pada laga itu, pada menit ke-47, dengan memanfaatkan operan Daniel Olmo.

Leipzig mendapat hadiah penalti pada menit ke-73 akibat Alexander Soerloth dilanggar Amos Pieper di kotak terlarang. Soerloth sendiri yang mengambil eksekusi, namun sepakannya dapat ditahan kiper Ortega. Justru Arminia yang mampu mengemas gol hiburan pada menit ke-75, melalui sepakan Fabian Klos.

Cologne catatkan kemenangan perdana di liga

Cologne mencatatkan kemenangan perdana di Liga Jerman musim ini, saat mereka memukul tuan rumah Dortmund. Itu juga mengakhiri laju 18 pertandingan tanpa kemenangan bagi Cologne di Liga Jerman.

Cologne membuka keunggulan pada menit kesembilan. Marius Wolf menyundul bola tendangan sudut Ondrej Duda untuk dimasukkan Ellyes Skhiri ke gawang tuan rumah.

Skhiri lantas menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-60. Proses terciptanya gol itu mirip dengan gol pertama, saat bola tendangan sudut Duda diteruskan Wolf ke tiang dekat, untuk kemudian disambar Skhiri.

Satu-satunya gol Dortmund pada laga itu dibukukan pemain pengganti Thorgan Hazard pada menit ke-74. Giovanni Reyna menjadi aktor di balik gol tersebut melalui umpan terobosannya yang berhasil dikonversi Hazard menjadi gol.

Berkat kemenangan tersebut Cologne untuk sementara meninggalkan zona degradasi. Cologne berada di posisi ke-15 dengan enam poin, unggul dua poin di atas zona merah.

Rentetan tiga kemenangan beruntun Union Berlin harus terhenti pada putaran kesembilan, ketika mereka ditahan imbang 3-3 oleh tamunya Eintracht Frankfurt.

Union memimpin dua gol dengan cepat berkat gol Robert Andrich saat laga baru berlangsung dua menit, dan eksekusi penalti Max Kruse pada menit keenam.

Namun Frankfurt mampu menyamakan kedudukan sebelum turun minum. Andre Silva memperkecil ketertinggalan Frankfurt melalui golnya pada menit ke-27, sebelum ia mengemas gol keduanya sekaligus menyamakan kedudukan pada menit ke-37.

Frankfurt berbalik memimpin saat Bas Dost mencetak gol pada menit ke-79. Namun harapan Frankfurt untuk mengakhiri puasa kemenangan sirna setelah Kruse mengemas gol keduanya pada menit ke-82.

Freiburg gagal memetik kemenangan keduanya musim ini meski sempat memimpin terlebih dahulu saat dijamu Augsburg.

Kedua gol di laga itu tercipta pada babak kedua. Vincenzo Grifo mengontrol bola di dalam kotak penalti, dan melepaskan tembakan untuk membawa tim tamu memimpin pada menit ke-64. Namun pada menit ke-80, Augsburg menyamakan kedudukan saat Ruben Vargas melepaskan tembakan melengkung masuk ke gawang tim tamu. (antara)