Proyek Pembangunan Jalan Sentul Sesuai Rencana, Mulai Besok Arus Kendaraan Dialihkan

Proyek Pembangunan Jalan Sentul Sesuai Rencana, Mulai Besok Arus Kendaraan Dialihkan
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Sentul - Proyek pembangunan penataan jalan simpang underpass Sentul senilai Rp5,5 miliar progresnya mencapai lebih dari 60 persen. Pembangunan itu sudah sesuai rencana kerja.

PT Aulia Sepuluh Sebelas selaku penyedia jasa optimistis proyek yang akan mengurai kemacetan lalu lintas di Simpang Sentul ini akan selesai sesuai target pada akhir Desember mendatang.

"Saat ini pekerjaan tersisa ialah membangun trotoar dan betonisasi jalan awal," kata Pimpinan Proyek PT Aulia Sepuluh Sebelas Bernard kepada wartawan, Rabu (25/11/2020).


Dia menerangkan, untuk betonisasi jalan awal pihaknya akan berkoordinasi dengan Unit Lantas Polsek Babakan Madang karena akan ada rekayasa arus lalu lintas.

"Kalau jalan yang baru itu udah kita beton dan sudah digunakan untuk arus lalu lintas, mulai Kamis besok kami akan merekayasa arus lalu lintas hingga jalan awal yang kondisinya rusak akan dibeton. Kami sudah berkoordinasi dengan Unit Lalu Lintas Polsek Babakan Madang hingga seluruh kendaraan yang menuju jalan tol, menuju Cibinong ataupun Babakan Madang akan melewati jalan yang baru," terangnya.

Ditemui terpisah, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Adriawan menuturkan atas perintah Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, jalan baru yang sudah dibeton diperintahkan untuk dibuka.

"Kalau melihat eksisting saat ini, proyek pembangunan penataan jalan simpang underpass Sentul pasti bisa mengurai kemacetan. Sisa kemacetan lalu lintas saat ini itu karena jalan yang awal itu rusak kondisinya," tutur Adriawan.

Dia menambahkan, jajarannya terus memonitor seluruh proyek pembangunan jalan dan jembatan jajarannya menargetkam seluruh proyek tersebut selesai tepat waktu.

"Kami akan usahakan seluruh proyek pembangunan jalan dan jembatan selesai tepat waktu, untuk menghindari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPa) negatif," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan proyek pembangunan penataan jalan simpang underpass Sentul akan mengurai kemacetan lalu lintas kendaraan di simpang tersebut.

"Proyek pembangunan penataan jalan simpang underpass Sentul ini selain akan dibangun tugu selamat datang juga memperlebar atau meningkatkan jalan, nanti kita akan melakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah hingga kami menyakini tidak ada lagi kemacetan lalu lintas di simpang ini seperti yang dikeluhkan oleh masyarakat luas," jelas Ade.

Dia melanjutkan, selain mempermudah kelancaran lalu lintas kendaraan proyek ini juga akan membangun trotoar atau pedestrian untuk para pejalan kaki.

"Saat ini kan tidak ada sarana prasarana untuk pejalan kaki, dengan proyek Rp5,5 miliar ini maka akan dibangun trotoar atau pedestrian," lanjutnya. (Reza Zurifwan)