BKKBN: PIK-Remaja Wadah Pembinaan Ketahanan Generasi Muda

BKKBN: PIK-Remaja Wadah Pembinaan Ketahanan Generasi Muda
Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Tenny C Soriton. (antara)



INILAH, Bandung - Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja merupakan salah satu wadah untuk melakukan pembinaan ketahanan generasi muda, kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat, Tenny C Soriton.

"PIK Remaja itu adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program Generasi Berencana (GenRe), yang dikelola untuk remaja, guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, (seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), keterampilan hidup, gender dan keterampilan advokasi dan KIE," kata Tenny C Soriton di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, sejak 2007 lalu mulai dibentuk Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR), kemudian berkembang menjadi PIK Remaja/Mahasiswa (PIK-R/M) dan sekarang menjadi PIK Remaja (PIK-R) dalam rangka pembinaan ketahanan remaja sebagai bagian dari upaya pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.


PIK Remaja ini diharapkan dapat mencetak pendidik dan konselor sebaya untuk meminimalisir pengaruh negatif.

"Jadi melalui wadah PIK Remaja ini, para generasi muda kita dapat terhindar dari hal-hal negatif, terutama pada kelompok sebaya dan menjadikan kelompok sebaya itu sebagai sumber informasi yang benar," katanya.

Sementara Elsi, selaku ketua penyelenggara mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kapasitas pengelola program GenRe.

"Hal itu terutama pada program GenRe dalam melakukan edukasi substansi materi penyiapan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja," katanya. (antara)