Bima Minta Presiden Jokowi Lirik Ciliwung

Bima Minta Presiden Jokowi Lirik Ciliwung
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto kembali menyusuri sungai Ciliwung hingga ke Jakarta, Selasa (10/11/2020). Kegiatan itu dilakukan untuk memetakan titik sampah, bangunan liar serta pencemaran yang masuk ke sungai Ciliwung. 

Bersaam Tim Satgas Ciliwung, orang nomor satu di Kota Bogor itu mulai dari Perumahan Graha Grande, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal menggunakan 11 perahu karet.

"Hari ini kami akan menyusuri sungai Ciliwung ke arah Jakarta, ini belum pernah dilakukan, sudah kami perhitungkan dan sudah disiapkan semua," kata Bima.


Guna pemetaan, dia akan menyusuri sungai melewati Depok hingga pintu Manggarai. Untuk itu, tim akan memetakan semua titik-titik yang menjadi persoalan hingga menyebabkan bencana longsor dan banjir. 

"Apaka itu sampah, apakah itu bangunan yang melanggar sepadan sungai, apakah itu limbah tetap akan dipetakan, ini ada tim Disperumkim yang akan melakukan pemetaan berdasarkan koordinatnya," tambahnya.

Bima menerangkan, nanti di ujung tim akan merekapitulasi dan disampaikan ke otoritas Pemkot Depok, Gubernur DKI Jakarta, dan kementerian. Bahkan, dia pun meminta atensi Presiden RI Joko Widodo. 

"Presiden kemarin sudah mengampanyekan Citarum. Kami ingin presiden juga memberikan atensi khusus kepada Ciliwung. Ini bukan hanya sebatas kebersihan tapi soal keselamatan. Jangan sampai Ciliwung ini tidak digarap sehingga sampah, bangunan liar dimana-mana bahkan pencemaran juga. Nah, yang rugi semua wilayah yang dilintasinya seperti Bogor, Depok, dan Jakarta," tuturnya. (Rizki Mauludi)