Review Huawei Freebuds Pro: Ini Mewah

Review Huawei Freebuds Pro: Ini Mewah
foto: inilahkoran



Selama lebih dari sepekan Huawei Freebuds Pro telah menemani  keseharian saya.  Earphone True Wireless Stereo (TWS) ini bisa dikatakan mewah.

Fitur yang disediakan earphone TWS ini cukup banyak seperti fitur Dynamic Active Noise Cancellation (ANC) yang mampu meredam noise hingga 40db.

Bagi yang suka di perjalanan sambil mendengarkan musik. Ini sangat cocok lantaran perangkat dapat secara otomatis menyesuaikan tingkatan noise cancellation sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.


Ya, perjalanan saya dari rumah ke kantor yang berjarak sekitar 30 km itu jadi tak terasa. Itu saking nyamannya mendengarkan musik yang jernih.

Terdapat tiga mode Dynamic ANC yang dapat aktif pada FreeBuds Pro ini yang terdiri dari Ultra Mode, Cozy Mode, dan General Mode.

Ultra Mode yang mampu meredam suara bising membuat saya nyaman dan serasa memiliki dunia sendiri seolah menghiraukan sekitar.

Itu saya lakukan ketika kemarin, Minggu (8/11/2020) pergi ke pasar minggu pagi. Suara bising sekitar tak terdengar. Memang benar earphone TWS ini mampu merdam suara di sekitar.

Sementara Cozy Mode yang katanya pengguna tetap fokus bekerja itu sangat berpengaruh lantaran saya hobi bekerja sambil mendengarkan musik. Suara  kebisingan suara tulisan di kertas, ketika di komputer, dan beberapa percakapan di lingkungan pun tak terdengar.

Untuk General Mode dapat mengurangi suara bising di lingkungan sekitar seperti kafe, jalanan, dan lainnya sehingga dapat secara imersif mendengarkan suara musik, video, atau game yang sedang berjalan di handphone atau perangkat mobile lainnya.

Huawei FreeBuds Pro mempunyai bobot 6,1 gram sehingga terasa ringan ketika disematkan pada telinga. Perangkat ini dilengkapi dengan penyesuaian EQ Dinamis Ultra-Magnetik 11mm yang menggunakan data dari mikrofon in-ear untuk secara otomatis mengoptimalkan suara sesuai dengan tipe telinga.

Huawei mengklaim bahwa FreeBuds Pro merupakan earphone Bluetooth antena ganda pintar pertama di dunia yang menawarkan jangkauan sinyal Bluetooth secara 360 derajat Omnidirectional untuk koneksi yang lebih stabil.

Pengguna dapat menggunakan fitur Smart Control dengan gesture jari pada bagian pinggir FreeBuds Pro untuk menjalankan beberapa fungsi, seperti:

Jari menekan lama: mengaktifkan atau mematikan fitur ANC

Sapu atau swipe jari: ke atas untuk menaikkan volume atau ke bawah untuk menurunkan volume suara

Jari mencubit tiga kali: menjalankan atau menghentikan musik dan menjawab atau menutup panggilan telepon

Jari mencubit dua kali: memutar lagu selanjutnya

Jari mencubit tiga kali: memutar lagu sebelumnya

Setiap earbud dari FreeBuds Pro diklaim Huawei mampu bertahan selama 5 jam dengan Active Noise Cancellation (ANC) aktif atau 8 jam tanpa ANC ketika memutar musik secara nonstop di handphone dengan sistem operasi EMUI 11.

Sementara apabila kamu memutar musik di handphone selain bersistem EMUI 11, maka setiap earbud dari FreeBuds Pro mampu bertahan selama 4,5 jam ketika ANC aktif atau 7 jam tanpa ANC. Dengan baterai tambahan dari charging case, FreeBuds Pro mampu memiliki daya tahan total hingga 22 jam dengan ANC Aktif atau 36 jam tanpa ANC.

Untuk mendengarkan musik earphone yang di banderol RpRp 2.299.000 sangat mewah. Ya mungkin ada harga ada kualitas.

Dari segi bass itu enggak nampol-nampol banget, kedengaranya bulet. Terlalu nge-bass enggak tapi tidak juga enggak.

Dari segi trebel, Ini yang saya paling suka. Suaranya jernih banget, detail dan instrumennya pas banget gitu di telinga. Saya mencoba memutar musik akustik yang direkam tahun 1990-an. Suaranya  masih seger banget.

Untuk segi vokal. Ini keren. Mendengarkan musik metal seperti  seperti konser beneran. Saya mencoba menonton cuplikan synchronize fest di youtube. Hasilnya keren. Apalagi untuk karakter vokal suara merdu seperti lagu cover perempuan, wih mulus.

Saya akui, earphone ini merupakan sound quality terbaik yang pernah saya gunakan.

Beralih ke bermain game.

Earphone TWS ini juga tidak kalah baiknya dengan earphone gaming . Saya mencoba bermain PUBG itu masih ok. Langkah, buka pintu serta suara tembakan itu jelas.   

 

Kesimpulan

-Huawei Freebuds ini terbilang mewah. Tapi sesuai dengan harganya. Ada kualitas ada harga.

-Desain yang premium membuat earphone TWS ini memang berkelas. Didesain menarik disesuaikan dengan bentuk telinga agar nyaman memakainya ketika sedang mendengarkan musik, menonton video, atau memainkan game.

-Untuk suara yang dihasilkan, ini sangat keren . Sangat cocok bagi pendengar musik segala genre. Dan juga bermain game juga masih oke.

-Earphone TWS ini saya coba di ponsel Huawei Nova 7. Saya belum mencoba jiga Buds Pro ini digunakan di ponsel dengan merek lain.