Kota Bogor Unggulkan Tiga Destinasi Wisata Alam

Kota Bogor Unggulkan Tiga Destinasi Wisata Alam
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menjagokan wisata alam guna menggenjot pariwisata di daerahnya. selain banyak peminatnya, wisata alam juga dianggap minim risiko karena orang-orang berkegiatan tidak di dalam ruangan.

"Beberapa sektor kami fokus, tapi memang destinasi alam sedang digarap di akhir tahun ini. Kurang lebih ada tiga lokasi lah. Kami munculkan yang memang mengikuti tren pasar, karena di masa pandemi ini, kecenderungan jumlah wisatawan naik ke nuansa-nuansa alam," kata Kepala Disparbud Kota Bogor Atep Budiman, Selasa (3/11/2020).

Dia melanjutkan, masyarakat kini cenderung mencari wisata alam untuk bersepeda, lari atau sekedar menikmati alam. Sedangkan, di dalam ruangan dianggap cenderung lebih berisiko lantaran sirkulasi udara yang terbatas.


Atep menjelaskan, ada tiga destinasi wisata alam unggulan di Kota Bogor. Di antaranya Mulyaharja Bogor Selatan, Katulampa Bogor Timur, dan Babakanpasar Bogor Tengah. 

"Saya berharap hingga akhir tahun, tiga destinasi wisata alam itu bisa dikonsep dengan baik dan bisa dijual untuk mendatangkan wisatawan. Tidak hanya lokal Bogor, tapi juga luar Bogor. Mudah-mudahan bisa kami promosikan hingga akhir tahun. Ini untuk mengisi peluang di masa pandemi," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah D menuturkan ke depannya Disparbud memang harus bisa berinovasi dan pandai memasarkan. Selain itu, bisa memaksimalkan potensi wisata yang tengah tren hingga memunculkan destinasi wisata baru.

"Lalu, ada upaya mencoba gagas Science City. Selama ini kan kita tahunya Kota Bogor sebagai kota pelari hingga kuliner. Sudah banyak. Padahal kami punya IPB. Mereka melihat itu, bisa wujudkan Science City. Belum lagi ada Kebun Raya Bogor. Ini yang kita godok juga," pungkasnya. (Rizki Mauludi)