Front Aliansi Tatar Sunda Lakukan Aksi Damai

Front Aliansi Tatar Sunda Lakukan Aksi Damai
istimewa



INILAH, Bandung - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Front Aliansi Tatar Sunda melakukan aksi damai di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (28/10/2020). Aksi tersebut disinyalir sebagai respon atas banyaknya aksi anarkis di Jawa Barat. 

 

Koordinator Front Aliansi Tatar Sunda, Judin menjelaskan, pihaknya merasa terpanggil untuk melakukan menyuarakan kedamaian bagi masyarakat di Jawa Barat. Terlebih, pada hari ini juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. 


 

"Intinya kami masyarakat jabar di sumpah pemuda ini merasa terpanggil untuk menyuarakan ketertiban dan keamanan di wilayah jabar, karena akhir-akhir ini di wilayah kita khususnya di wilayah jabar terlalu banyak aksi yang merugikan masyarakat luas," ucap Judin saat ditemui di lokasi aksi. 

 

Judin mencontohkan, akhir-akhir ini seringkali terdapat aksi yang jauh daripada ciri khas orang sunda di Jawa Barat. Diantaranya, aksi mengatasnamakan masyarakat, namun berujung pada kerusuhan dan tindakan anarkis. 

 

"Contoh seperti ditutupnya akses tol jalan, dirusaknya fasilitas umum, itu bukan ciri khas masyarakat sunda disini, jadi kita disini menyuarakan mari kita bersama sama di momentum sumpah pemuda ini untuk bersama sama menyuarakan kemanan dan ketertiban," ungkapnya. 

 

Bahkan, Judin menuturkan, tidak sedikit masyarakat yang merasakan keresahan dan ketakutan atas aksi-aksi anarkis yang kerap terjadi akhir-akhir ini. Hal itu berdampak pada ketidaknyaman masyarakat Jawa Barat dalam beraktifitas. 

 

"Kita sudah tidak merasa aman tinggal di wilayah jabar ini, karena aksi mereka itu sangat di luar daripada sikap orang sunda yang selalu rendah diri, ini seperti ada kelompok-kelompok yang sengaja supaya berbuat onar," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)