Mau Nambah Imunitas dari Covid-19? Yuk ke Situ Telaga Saat

Mau Nambah Imunitas dari Covid-19? Yuk ke Situ Telaga Saat



INILAH, Cisarua - Pandemi wabah virus corona (Covid 19) dianggap Kepala Badan Nasional  Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Manardo menjadi 'berkah' tersendiri bagi objek wisata alam seperti  Situ Telaga Saat maupun lainnya.

Hal itu karena di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), objek wisata non alam masih tidak diperbolehkan beroperasi demi mencegah terjadinya penyebaran wabah Covid 19.

"Situ Telaga Saat tidak hanya berfungsi sebagai daerah konservasi dan sumber mata air, tetapi juga sebagai objek wisata alam dan juga bisa 'menghidupkan ekonomi' masyarakatnya. Situ Telaga Saat di saat masa pandemi yang tak tahu kapan berakhir ini bisa menjadi idola karena indahnya alam, segarnya udara pegunungan hingga karena bahagia bisa menambah daya imunitas," ucap Doni kepada wartawan, beberapa waktu lalu.


Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini mengimbau wisatawan maupun masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian objek wisata alam seperti Situ Telaga Saat.

"Jaga kawasan ekosistem dan juga objek wisata alam dari sampah, limbah atau lainnya yang bisa membuat Situ Telaga Saat menjadi kritis dan rusak. Air adalah sumber kehidupan dan sungai adalah perberadaban bangsa, sebagai bangsa yang beradab maka kita harus bisa menjaga sumber mata air dan sungainya," himbaunya.

Doni menuturkan apabila sumber mata air dan sungainya bersih, maka masyarakat bisa membuat balai perikanan hingga masyarakat tidak tergantung kepada salah satu komoditi protein hewani.

"Ikan yang dipelihara masyarakat tentunya selain bisa menjadi tambahan komoditi protein hewani tentunya juga punya manfaat ekonomi," tutur Doni.

Diwawancarai terpisah, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan bahwa Pemkab Bogor menyambut baik rencana penyerahan pengelolaan Situ Dana Embung Waduk (SDEW) dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) ke pemerintah daerah.

"Dengan diserahkannya pengelolaan SDEW ke pemerintah daerah maupun desa, maka kita harapkan masyarakat juga ikut peduli akan kelestarian alamnya. Selain itu mereka juga pasti mendapatkan manfaat ekonomi maupun gizi," jelas Iwan. (Reza Zurifwan)