Jabar Siaga Satu Jelang Libur Panjang

Jabar Siaga Satu Jelang Libur Panjang
istimewa



INILAH, Bandung-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur panjang yang dimulai, Rabu (28/10/2020) mendatang. Upaya yang bakal dilakukan, yaitu menggelar swab test maupun rapid test secara acak.

Ridwan Kamil mengatakan, nantinya beberapa masyarkat yang hendak dalam perjalanan akan diberhentikan untuk menjalani tes Covid-19. 

"Jadi jangan kaget yang nanti lagi mudik, naik mobil, naik motor atau perjalanan pariwisata akan diberhentikankan dengan baik oleh dan sopan oleh tim Satgas dan kepolisian untuk di random sampling melalui PCR dan rapid tes," ujar Ridwan Kamil, Senin (26/10/2020).


Menyambut libur panjang ini, Emil -sapaan Ridwan Kamil- mengaku telah memutuskan status siaga 1 sejak Selasa (27/10/2020). Di mana petugas sudah mulai bergerak di lapangan untuk mengamankan sejumlah titik pergerakan.

"Khususnya jalan tol akan dipusatkan di Cikopo, kemudian akan ada penambahan penebalan petugas di daerah-daerah wisata seperti di Lembang, di Puncak dan lain-lain," katanya. 

Selain mengamankan titik-titik pergerakan wisatawan dan pemudik, dia melanjutkan, pihaknya pun mengantisipasi pergerakan masyarakat di tempat-tempat wisata. Tempat wisata, wajib mematuhi aturan terkait pembatasan kapasitas.

"Tempat wisata akan dimintai komitmennya terkait pembatasan kapasitas. Kalau komitmennya 50 persen, maka tolong disiplin 50 persen," tegasnya.  

Tidak hanya itu, tempat-tempat hiburan malam juga wajib memastikan penerapan protokol pencegahan Covid-19 untuk menekan potensi penularan Covid-19.

"Oleh karena itu, saya imbau kepada kafe-kafe, restoran, bar, yang menyelenggarakan hiburan malam mohon memastikan pengaturan jarak, kapasitas, sirkulasi udara, jangan sampai ditemukan pelanggaran hingga akhirnya harus dilakukan penutupan," pungkasnya. (riantonurdiansyah)