Bangun 219 Jembatan Rawayan, Ade Yasin Gandeng Kodim 0621

Bangun 219 Jembatan Rawayan, Ade Yasin Gandeng Kodim 0621
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Bogor - Selain proyek pembangunan jalan di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo dan pembukaan Jalan Poros Tengah Timur (PTT) atau Puncak II, Pemkab Bogor juga meminta bantuan Kodim 0621 Kabupaten Bogor untuk membangun 219 jembatan rawayan.

"Setelah proyek pembangunan jalan di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo dan pembukaan Jalan PTT atau Puncak II selesai, pada Tahun 2021 mendatang hingga Tahun 2023 kami akan meminta bantuan Kodim 0621 untuk membangun 219 jembatan rawayan," ucap Bupati Bogor Ade Yasin kepada wartawan, Rabu, (21/10).

Ketua DPW PPP Jawa Barat itu menerangkan, akan ada penghematan anggaran apabila pembangunan jembatan rawayan melibatkan TNI dan masyarakat sekitar.


"Saat kami membangun Jembatan Rawayan di Desa Buana Jaya, Tanjungsari itu menelan biaya Rp 4,8 miliar sementara berdasarkan perhitungan kami apabila melibatkan TNI dan masyarakat biaya yang dikeluarkan dikisaran Rp 1 miliar. Dengan efesiensi seperti itu maka kami yakin akan semakin banyak jembatan rawayan yang akan terbangun hingga terjadi pemerataan kue pembangunan," terangnya.

Ade menuturkan bahwa biaya pembangunan 219 jembatan rawayan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tingkat II dan bukannya dari APBD tingkat I.

"Biaya pembangunan 219 jembatan rawayan ini murni dari APBD tingkat II, teknis pertahunnya dibangun berapa jembatan yang terbangun disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Yang pasti saya ingin proyek insfrastruktur ini selesai pada Tahun 2023," tutur Ade.

Sementara itu, Komandan Kodim 0621 Kabupaten Bogor Letkol (inf) Sukur Hermanto mengatakan jajarannya siap membantu Pemkab Bogor dalam mempercepat proses pembangunan insfrastruktur, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Dengan ikut serta membangun insfrastruktur jembatan maupun jalan di desa-desa di Kabupaten Bogor tentunya itu untuk mempercepat proses pembangunan insfrastruktur hingga memudahkan akses transportasi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kami siap membantu Pemkab Bogor," ujanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembangunan 219 jembatan rawayan ini dilakukan di 95 desa yang ada di 33 kecamatan. Harapannya, bisa meningkatkan status desa dari desa tertinggal atau berkembang menjadi desa maju. (Reza Zurifwan)