Sesi Latihan Persib Mulai Dikurangi

Sesi Latihan Persib Mulai Dikurangi
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mulai melonggarkan program latihannya. Kali ini, para pemainnya hanya akan menjalani latihan tiga kali dalam sepekan.

Pelatih asal Belanda ini merasa perlu mengurangi program latihan. Terlebih sejauh ini Liga 1 2020 belum menemui kejelasan.

"Kami harus menjaga keseimbangan tim meski ada ketidakjelasan soal kondisi liga saat ini. Pemain sangat kelelahan, baik fisik maupun emosi, jadi saya tidak bisa meminta terlalu banyak dari mereka," ujar Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (20/10/2020). 


Pelatih berusia 65 tahun ini tak ingin para pemainnya kehabisan tenaga saat dihadapkan dengan pertandingan. Sehingga pengurangan jatah latihan menjadi pilihan yang paling tepat bagi Robert. 

"Ada banyak yang sudah merasakan itu terutama soal mental, bukan hanya pemain, tapi orang-orang yang bekerja di sepak bola seperti ofisial dan bahkan juga media mengalami itu. Jadi penting untuk menjaga keseimbangan," tuturnya. 

Sesi latihan tiga kali itu, kata Robert dilakukan pada Senin, Selasa dan Rabu. Artinya pada Kamis hingga Minggu, para pemainnya mendapatkan jatah libur. 

"Setelah itu pemain mempunyai waktu berkumpul dengan keluarga. Jadi ketika mereka kembali berlatih lagi, mereka lebih termotivasi dan ritme itu," jelasnya.

Sejauh ini, Robert mengaku senang para pemainnya mampu mempertanggung jawabkan tugasnya dengan baik. Bahkan kondisi fisiknya masih dalam level terbaiknya. 

"Bisa dilihat intensitas ketika latihan sangat fantastis. Dan saya sangat senang dengan apa yang dilakukan di Persib Bandung karena kami juga didukung penuh oleh manajemen," katanya.

Sementara di sesi latihan kali ini, Robert masih fokus untuk menjaga kondisi fisik para pemainnya. Seperti menjaga intensitas latihan agar pemainnya tetap dalam motivasi yang tinggi. 

"Tetap menjaga juga sikap mereka ketika menyerang ke bertahan dan juga bertahan ke menyerang. Bekerja untuk tim, karena satu pemain tidak bekerja itu akan berdampak kepada tim. Mereka sudah langsung memahami itu," katanya.

Robert lega lantaran para pemainnya masih dalam kondisi yang sangat baik. Dia berharap hal itu terus terjaga hingga kompetisi benar-benar digulirkan. 

"Kami harus bisa menjaga motivasi di atas, meskipun kondisinya seperti ini. Kami harus menjaga keseimbangan mental dan sikap pemain saat ini," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)