UU Cipta Kerja Berdampak pada Perubahan Ratusan Perda dan Perwali

UU Cipta Kerja Berdampak pada Perubahan Ratusan Perda dan Perwali
Foto: Rizki Mauludi



INILAH, Bogor - Kepala Bagian Hukum dan HAM Kota Bogor Alma Wiranta mengungkapkan, UU Cipta Kerja memberikan dampak pada penyederhanaan sejumlah produk hukum daerah. 

"Analis yang ada di kita mencatat ada sekitar 79 UU yang terafiliasi dengan kebijakan Omnibus Law dan penyederhanaan aturan pada tingkat Perda sampai Perwali di Kota Bogor. Jumlahnya mencapai 75%, sembari menunggu petunjuk pelaksana dan petunjuk teknisnya kami siapkan dari sekarang," kata Alma kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Dia menuturkan, antisipasi penyesuaian produk hukum daerah harus dilakukan karena implementasi UU Cipta Kerja itu memerlukan juklak dan juknis. 


Menurutnya, masyarakat Kota Bogor seharusnya diberikan pemahaman isi dari UU Cipta Kerja yang terdiri dari 11 pengelompokan. Sehingga, nantinya akan mendapatkan hasil maksimal saat Perda diterapkan sebagaimana amanat dari UU tersebut.

"Sejauh ini, ada 110 Perda dan sekitar 500 Perwali Kota Bogor yang dipersiapkan untuk diubah karena kebijakan Omnibus Law," pungkasnya. (Rizki Mauludi)