Viral Video Pemukulan Oknum Polisi ke Satpam Unisba, Begini Penjelasan Kapolrestabes Bandung

Viral Video Pemukulan Oknum Polisi ke Satpam Unisba, Begini Penjelasan Kapolrestabes Bandung
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pihaknya siap mendatangi pihak kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Hal ini merupakan respons, dari viralnya video pumukulan yang diduga dilakukan oknum anggota polisi ke petugas keamanan kampus Unisba.

"Kita tetap melakukan nanti kita akan mendatangi kampus untuk berkomunikasi kepada kampus lagi agar tidak terjadi lagi miskomunikasi," ucap Ulung saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Jumat (9/10/2020).

Ulung menjelaskan, saat itu para demonstran dipukul mundur polisi dan mereka berlarian ke beberapa titik dan mulai berkumpul kembali ke Kampus Unisba. Tidak sedikit, demonstran yang berupaya menutup akses jalan tersebut dan masih melakukan pelemparan terhadap petugas.


"Mereka di sana menutup-nutupi jalan dan melempar bom molotov kepada petugas, sehingga kita ke sana mau mengejar dan membubarkan massa yang berkumpul agar massa itu tidak melakukan perusakan fasilitas umum atau fasilitas negara. Seperti kita lihat fasilitas umum banyak yang dirusak, taman dan lampu dan segala macam maka kita membubarkan massa itu dan massa itu larinya ke arah kampus itu," ujar Ulung.

Ulung menyebutkan, beberapa orang mahasiswa dari kampus Unisba pun turut diamankan di Mapolrestabes Bandung. Meski begitu, Dia menyayangkan kerusuhan tersebut dapat terjadi.

"Kegiatan itu sampai malam hari, kalau memang mahasiswa kan dia pergerakan mengerti hukum, jam 18.00 harus sudah selesai dan tidak melakukan bakar dan segala macam, dan itu berkumpul," ujar Ulung.

"Kita takutnya ditunggangi oleh pihak lain yang memang ingin mengacaukan suasana seperti itu. Nah, dengan adanya kesalahpahaman itu maka nanti kita akan berkomunikasi baik dengan rektor maupun yayasannya," pungkasnya.

Untuk diketahui, beredar viral sebuah video pemukulan terhadap satpam oleh oknum polisi di kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) di media sosial pada Kamis (8/10/2020) malam.

Dalam video tersebut, terlihat polisi menembakkan gas air mata ke arah massa aksi menolak UU Cipta Kerja di area kampus Unisba.

Kemudian, seorang satpam menegur polisi agar tidak menembakan gas air mata ke are kampus. Namun, teguran itu justru berbuah sebuah bogem mentah yang mengarah tepat ke wajah satpam. (Ridwan Abdul Malik)