Mayora Bantu Penataan PKL di Kota Bogor 

Mayora Bantu Penataan PKL di Kota Bogor 
Istimewa



INILAH, Bogor – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor menjalin kerja sama dengan PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) dalam menata pedagang kaki lima (PKL). 
 

Kepala Promosi dan Penjualan Nasional PT Mayora Indah Tbk, Henry David Kalangie mengucapkan terima kasih karena sudah diperkenankan Dispora Kota Bogor membantu menata PKL di sekitaran GOR Pajajaran.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami karena bisa menata PKL yang ada di Kota Bogor. Apalagi pabrik kami sendiri ada di daerah Ciawi, Kabupaten Bogor atau masih dekat dengan Kota Bogor,” tuturnya kepada wartawan, Minggu (4/10).


Henry menyebut, tahun 2018 dan 2019 pihaknya sudah terlebih dahulu membantu menata PKL di DKI Jakarta, Cirebon, dan tahun ini di Kota Bogor.

“Kami ingin membantu UMKM di Kota Bogor di tengah situasi resesi dan pandemi ini. Banyak UMKM yang masih bisa bertahan hingga saat ini dan itu pun harus ditopang kerja sama dengan perusahaan,” terangnya.

Henry berharap UMKM semakin ramai dan bagi para pedagang yang sudah ditata ia menitipkan pesan agar dijaga kebersihannya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyatakan Kadispora tahu apa keinginan wali kota, yakni menata PKL tanpa mengandalkan APBD. “Kalau apa-apa bilang tidak ada anggarannya tidak maju-maju. Selalu ada cara dan hari ini saya lihat itu dijalankan,” jelasnya.

Bima menerangkan, secara khusus dirinya menitipkan dua hal. Pertama, segera tata pedagang yang lainnya agar bisa lebih rapi dan bersih. Kedua, membangun fisik itu mudah, tetapi yang sulit adalah merawat, membina agar tetap bersih dan nyaman. 

“Semoga pedagang disini semakin maju, jadi semuanya semakin berkembang,” terangnya.
Terpisah, Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi menjelaskan, kerja sama penataan PKL ini sekaligus peresmian kantin di area Kolam Mila Kencana bekerja sama dengan CSR PT Mayora Group.

“Selanjutnya dilanjutkan di Jalan Malabar, di area kantor Kejari Kota Bogor, Sempur dan Sukasari. Awalnya area sekitaran Kolam Mila Kencana ini merupakan area parkir, kemudian ditata menjadi kantin yang menampung 10 PKL yang ada di area Gor Pajajaran. Jadi tidak ada lagi PKL yang berjualan di bagian depan GOR maupun di area parkir Mila Kencana,” tutur Herry. (rizki mauludi/ing)