Tidak Ada Imbauan Pemutaran Film G30S, Ini Pesan Ridwan Kamil

Tidak Ada Imbauan Pemutaran Film G30S, Ini Pesan Ridwan Kamil
dok/inilahkoran



INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kini tidak ada imbauan, larangan maupun dukungan mengenai pemutaran film G30S/PKI di Jawa Barat. Meski begitu, dia berpesan agar warga yang hendak menonton film tersebut memahami kalau saat ini dalam situasi pandemi Covid-19. 

Artinya, kata dia, protokol kesehatan dan menghindari terjadinya kerumunan harus benar-benar diutamakan. 

"Poinnya kita sedang situasi Covid-19. Jadi kalau pun mau menonton, menonton dengan protokol kesehatan tidak boleh ada kerumunan," ujar Ridwan Kamil, Rabu (30/9/2020). 


Emil -sapaan Ridwan Kamil- menilai, guna memutus rantai Covid-19 maka kerumunan apapun harus dihindari. Karena itu, menurut dia, masyarkat dapat melihat film G30S/PKI di rumah, yaitu via YouTube atau televisi bilamana ada yang menayangkan. 

Hanya saja, Emil mengimbau untuk menaikkan bendera setengah tiang pada 30 September. 

"Dan besok, 1 Oktober hari Kesaktian Pancasila kita menaikkan bendera penuh itu juga sudah saya posting di media sosial untuk mengharapkan partisipasi," imbuhnya.

Di sisi lain, Ridwan menyadari suatu hal selalu ada kontroversi dinamika terkait sejarah tersebut. Namun, sejauh ini pihaknya tentu menggunakan keterangan resmi dari negara. Jika ada perbedaan-perbedaan, dia mempersilakan berwacana saja sampai nanti menjadi keterangan resmi lagi. 

"Sebelum ada keputusan keterangan resmi, sementara sejarah yang kita pahami (masih) seperti yang disampaikan oleh negara (selama ini) ," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah)