Proyek Pembangunan 516 Kios PKL Puncak Dipastikan Tepat Waktu

Proyek Pembangunan 516 Kios PKL Puncak Dipastikan Tepat Waktu
Foto: Reza Zurifwan



INILAH, Cisarua - Proyek pembangunan 516 kios pedagang kaki lima (PKL) di Rest Area Puncak di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua senilai Rp16,3 milyar sudah mulai dikerjakan PT Japayasaprima Kontruksindo.

Pemkab Bogor pun memastikan pelaksanaan pembangunan 516 kios tersebut tepat waktu selama 105 hari kalender dan selesai pada Selasa (22/12/2020) mendatang.

"Dalam rapat ekspos progres pembangunan kios di Rest Area Gunung Mas Puncak bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, kami akan memastikan bahwa pembangunan 516 kios haruslah tepat waktu," kata Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Bogor Emi Sri Wahyuni kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).


Menurutnya, pelaksanaan pembangunan 516 kios PKL akan dilakukan secara simultan dengan proyek penataan kawasan dan pembangunan Rest Area Puncak yang direncanakan Dirjen Cipta Karya Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Jawa Barat Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat.

"Sesuai rencana proyek pembangunan 516 kios PKL Puncak dengan penataan kawasan dan pembangunan Rest Area Puncak akan dilakukan simultan, kalau proyek kita selesai di akhir tahun ini maka proyek mereka yang memiliki nilai Rp 48,1 milyar baru akan selesai pada akhir tahun 2021 mendatang. Mengenai kapan PKL Puncak akan pindah usaha ke lokasi rest area itu semua akan dibahas lagi dan akan diputuskan oleh Bupati Bogor Ade Yasin," terangnya.

Diwawancarai terpisah, Kabid Perdagangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor Pedri menuturkan selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) jajarannya akan melakukan langkah-langkah strategis agar proyek pembangunan 516 kios PKL Puncak sesuai rencana kerja.

"Waktunya pelaksanaan pembangunan kios PKL Puncak ini agak mepet. Oleh karena itu. tiap minggu kita akan rapat ekspose progres pembangunannya. Jika nanti ada potensi ketelatan, maka bisa dilakukan penambahan alat berat, tenaga kerja ataupun durasi kerja," tutur Pedri.

Dia melanjutkan, jajarannya juga akan selalu berkordinasi dengan konsultan perencanaan dan konsultan pengawasan proyek pembangunan 516 kios PKL Puncak

"Alhamdulillah mulai dari proses pelelangan proyek, keputusan pemenang lelang proyek pembangunan 516 kios PKL Puncak hingga saat ini lancar-lancar saja dan semoga dengan terus berkordinasi dengan konsultan perencanaan dan konsultan pengawasan tidak bakal ada hambatan," lanjutnya. (Reza Zurifwan)